Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 18 Februari 2018

14 Idol dengan Masa Trainee Paling Singkat


KaBeIn, Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa para Idol K-Pop membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mereka diberikan kesempatan untuk debut. Itu memang benar adanya. Kebanyakan para Idol ini harus sabar menunggu sampai bertahun-tahun. Contoh yang paling popular adalah G-Dragon. Cowok ganteng ini menghabiskan 11 tahun pada masa trainee. Yakni 5 tahun di SM Entertainment dan 6 tahun di YG Entertainment.

Namun, ketika ada yang menjalani masa trainee dengan begitu berat dan lama, ada pula yang mulus melenggang langsung debut tanpa butuh waktu lama di masa trainee. Bahkan ada yang tidak sempai seminggu langsung debut!

Berikut ini kami sajikan daftar para Idol yang beruntung langsung debut, masa trainee mereka kurang dari 1 tahun. Siapa saja mereka?

1. Yenny 0 Minggu
Yenny terpilih sebagai anggota kelima dari kelompok Wonder Girls beberapa hari sebelum meraka mengadakan showcase pertama. Yenny sempat mengikuti audisi beberapa kali namun selalu gagal, beruntunglah kemudian JYP meliriknya dan langsung bergabung dengan grup legendaris tersebut tanpa pelatihan formal.

2. Jiyoung 2 Minggu
Jiyoung  hanya butuh waktu dua minggu sebagai trainee di DSP dan langsung memulai debutnya di kelompok KARA.

3. Eunji 2 Bulan
Setelah lolos audisi, Eunji langsung dimasukkan dalam kelompok  APink yang sudah mempunyai anggota lengkap namun masih kurang pada vokalis utama. Dia berlatih selama 2 bulan di A Cube dan kemudian debut bersama APink.

4. Ryeowook 2 Bulan
Dia menandatangani kontrak dengan SM setelah mengesankan juri dengan suaranya di CMB Youth ChinChin Festival. Hanya 2 bulan menjadi trainee, ia resmi memulai debutnya di Super Junior.

5. Hyuk 3 Bulan
Setelah menjadi kontestan survival reality show MyDOL di Mnet, dia terpilih pada jajaran akhir dan memulai debutnya di kelompok VIXX. Dari seluruh anggota VIXX hanya Hyuk yang memilik masa trainee paling singkat, yakni 3 bulan.

6. Kyuhyun 3 Bulan
Setelah bergabung dengan SM di tahun 2006, Kyuhyun menjadi trainee hanya 3 bulan sebelum memulai debutnya di Super Junior.

7. Hara 3 Bulan
Setelah Kim Sung-hee meninggalkan KARA, DSP mengadakan audisi. Hara dipilih oleh DSP dan setelah pelatihan selama 3 bulan dia memulai debutnya di KARA.

8. Baekhyun 4 Bulan
Seorang agen SM menemukan Baekhyun saat masih di Institut Seni Seoul. Setelah menandatangani kontrak dengan SM, dia menjadi trainee selama 4 bulan sebelum memulai debutnya dengan kelompok EXO.

9. Chen 4 bulan
Setelah bergabung sebagai trainee di S.M. Entertainment's Casting System di tahun 2011, Chen memulai debutnya di EXO setelah hanya berlatih selama 4 bulan.

10. Jung Yein 4 Bulan
Setelah lolos audisi yang diadakan manajeman Woollim pada tahun 2014, Jung Yein memulai debutnya di Lovelyz setelah hanya menjalan trainee selama 4 bulan.

11. Lai Guan Lin 6 Bulan
Guanlin berada dalam naungan Cube Entertainment, setelah menjalani 6 bulan trainee, dia melakukan debut dengan kelompok Wanna One setelah terpilih masuk grup tersebut melalui ajang 'Produce 101' season 2.

12. Youngjae 7 Bulan
Youngjae menjadi seorang trainee selama 7 bulan di manajeman JYP sebelum dia terpilih untuk debut di kelompok GOT7.

13. Seungri 10 Bulan
Setelah dieliminasi pada ajang 'Let's Coke Play! Battle Shinhwa ', Seungri dibina untuk bergabung dengan YG. Dia juga tersingkir di 'BIG BANG Documentary' namun kemudian diberi satu kesempatan terakhir yang tidak disia-siakannya. Seungri akhirnya berhasil dan memulai debutnya di Big Bang setelah hanya 10 bulan berlatih.

14. Suzy 10 Bulan
Dia dieliminasi dari ajang 'Superstar K' milik Mnet di tahun 2009, namun seorang staff JYP melihat potensi Suzy dan memasukan dia menjadi peserta pelatihan. Setelah hanya 10 bulan sebagai trainee, Suzy memulai debutnya di kelompok miss A.

Itu tadi para Idol yang cukup beruntung dalam meniti karir di dunia K-Pop. Mereka membutuhkan waktu yang relative singkat untuk menjadi seorang bintang.