Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 09 Mei 2017

Secara Umum, Inilah 6 Jenis Sepeda Motor yang Ada di Dunia


KaBeIn, Indonesia adalah nagara sepada motor! Lihatlah dijalanan, dipenuhi dengan sepeda motor yang lalu lalang tak henti. Dari banyaknya sepeda motor yang kalian lihat, coba hitung ada berapa jenis sepeda motor?

Baca Juga: Fakta Portugal yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kami petik dari Worldbook, inilah 6 jenis sepeda motor yang patut kamu ketahui.

1. Street bikes



Secara gampang bisa di artikan dengan motor jalanan, ini jenis yang biasa kalian liat. Jenis sepeda motor ini memang digunakan untuk berjalan di jalan raya, bisa untuk perjalanan singkat maupun panjang, digunakan untuk berkendara di kota. Berat pada jenis ini berkisar 110 sampai 230 kilogram.

2. Touring bikes

Motor turing,  merupakan Street Bikes yang dilengkapi peralatan khusus untuk perjalanan jarak jauh. Misalnya, dilengkapi dengan windshields untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap angin, dan kompartemen untuk membawa barang bawaan. Sepeda turing beratnya 230 sampai 410 kilogram dan memungkinkan pengendara melakukan perjalanan jauh lebih nyaman daripada yang bisa mereka dapatkan dengan Street bikes

3. Trail bikes

Sepeda Trail dapat melakukan perjalanan di jalanan ekstrim, mendaki bukit, dan lintas sungai. Pada motor jenis ini memiliki ban beralur sangat dalam yang memberikan daya tarik pada kerikil dan permukaan kasar lainnya. Beratnya 68 sampai 110 kilogram.

4. Motor skuter / matic


Ini dirancang untuk digunakan pada kecepatan rendah di perkotaan. Pengemudi skuter motor duduk dengan kedua kaki di 'papan lantai' motor.

5. Minibikes dan minicycles

Jenis ini tetap bermesin layaknya mesin motor lainnya, namun lebih kecil dan tidak serumit dan sekomplit kebanyakan sepeda motor. Sepeda ini tidak dibangun untuk digunakan di jalan raya.

6. Motorsepeda, termasuk moped


Dalam menjalankannya, dimulai dengan mengayuh. Moped memiliki transmisi otomatis, dan bisa mencapai kecepatan 48 kilometer per jam.