Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 09 Mei 2017

5 Mitos Bepergian dari Berbagai Dunia, Boleh Percaya Boleh Tidak


KaBeIn, Mitos bukan monopoli orang Indonesia lho, di belahan dunia lainnya pun mitos banyak yang meyakini. Seperti halnya negara-negara berikut ini. Semua mitos ini berhubungan dengan traveling, kami lansir dari laman tribunnews.

1. BULGARIA, Tidak boleh menyapu setelah ada yang pamit bepergian.



Orang Bulgaria percaya bahwa menyapu setelah ada yang berpamitan akan membersihkan juga, orang tersebut dibersihkan dari kehidupan mereka.

Jadi sekotor apapun, kalau ada yang berpamitan mereka tidak akan bersih-bersih dulu.

2. BOSNIA, Bawang merah bawa rejeki.


Bagi orang Bosnia yang percaya, dalam bepergian mereka akan membawa beberapa siung bawang merah. Mereka percaya bawang merah akan membawa keberuntungan selama mereka bepergian.

3. SERBIA, Menuangkan sebotol air dibelakang orang yang akan pergi.


Ini juga mitos tentang keberuntungan. Orang Serbia percaya bahwa menuangkan sebotol air dibelakang orang yang akan pergi akan membawa keberuntungan pada orang tersebut.

4. RUSIA, Berdiam dan merenung sebelum pergi.


Mungkin ini mitos yang masuk akal. Bagi orang rusia mereka percaya keberuntungan selama bepergian akan didapat ketika sebelum pergi mereka melakukan 'ritual' ini; berdiam diri sebentar dan merenung.

Ini masuk akal, karena dalam kita berdiam dan merenung sebelum pergi, kita bisa memanfaatkan dengan mengingat kemungkinan ada barang yang tidak terbawa, atau ada pesan yang belum disampaikan kepada orang rumah yang akan ditinggalkan.

Jadi kamu travelers, mitos orang Rusia ini bisa kamu ikuti. Ini bermanfaat.

5. ITALIA, CHINA, AMERIKA, Angka bisa membawa sial


Kalau mitos yang terakhir ini berhubungan dengan kesialan. Orang Italia tidak menyukai angka 17, karena jika ditulis dalam romawi akan menjadi XVII dan ini bisa diacak menjadi kata VIXI yang dalam bahasa mereka berarti 'Saya Sudah Hidup.' Mitos ini membuat mereka tidak bepergian di tanggal 17.

Negara China punya angka sial sendiri, yakni 4. Angka 4 mempunyai pengucapan yang sama dengan kematian.

Untuk Amerika sendiri 'membenci' angka 13. Mungkin ini mitos yang sudah sangat terkenal kepenjuru dunia. Banyak sekali orang Amerika yang percaya mitos angka sial 13 ini. Menurut Tribunnews, saking kuatnya mitos ini, di Amerika angka 13 tidak dimunculkan pada barisan pewasat dan angka lantai hotel. Hmmm.. coba deh yang sekarang ada di Amerika bisa cek kebenarannya.