Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 14 Mei 2017

10 Hal yang Sebaiknya Dilakukan dan Jangan Dilakukan Saat Ke Pernikahan


KaBeIn, Pergi ke pernikahan memang menyenangkan, banyak hal menarik yang ada disana. Banyak orang yang bakal memperhatikan kamu. Kamu bisa saja mendapat sebuah perhatian dari orang-orang disana. Meskipun kamu disana hanyalah tamu.


Ada yang perlu dilakukan dan sebaiknya tidak dilakukan jika kamu menghadiri sebuah perkawinan, entah itu perkawinan sendiri ataupun ketika kamu menjadi tamu. Apa saja kah?

1. Warna Gaun
Jangan gunakan gaun putih atau gading. Jika kamu bukan mempelai dan hanya seorang tamu. Jangan pakai gaun dengan warna putih atau gading. Ingat ini bukan hari besar buat kamu, yang jadi ratu adalah si dia.

Jika kamu memaksa, cobalah mengganti dengan warna pastel atau pink.

2. Warna Hitam
Jangan menghadiri perkawinan dengan gaun warna hitam. Pernikahan adalah hal yang penuh dengan kegembiraan, dan rasanya warna hitam tidak mewakilinya.

3. Gaun telalu pendek.
Mengenakan gaun yang terlalu pendek hingga kaki bagian atas telihat dianggap tidak pantas untuk sebuah acara perkawinan. Itu adalah gaun malam klub kamu, bukan gaun resepsi.

Jika kamu kebelet banget pingin gaun pendek, cobalah untuk sebatas lutut saja.

4. Sandal Jepit
Jangan memakai sandal santai apalagi sandal jepit dalam pesta perkawinan. Meskipun menurut kamu itu nyaman, tapi kamu juga harus menghormati tuan rumah. Banyak yang mengatakan toh sandalnya akan tertutup dengan gaun panjang, ah tetap saja itu tidak boleh!

5.  Dress code
Beberapa pernikahan ada yang spesifik menyebut dress code yang dikenakan. Kalau hal ini sudah kamu ketahui, tentu bukan masalah, kamu tinggal mencari gaun yang cocok sesuai tema.

BACA JUGA: Cara membentuk kaki yang ideal

Namun bagaimana jika kamu tidak mengetaui secara pasti apa temanya? Jika pingin aman, pakailah yang formal saja. Yang penting kamu tidak memakai jeans, jumpsuits, celana pendek, leggings, dan non-formal lainnya.

6. Pilih rok daripada celana pendek
Celana pendek meskipun terbuat dari kain bukan pilihan, meski dengan alasan hari panas. Ayolah ini hanya untuk sehari. Kamu bisa mengganti dengan rok lapang, namun hindari gaun yang memperlihatkan lekuk tubuh.

7. Hindari gaun tembus pandang, backless.
Jangan pergi ke perkawinan dengan gaun tembus pandang, kamu bukan di acara red carpet selebritis. Hindari juga gaun backless yang memperlihatkan secara jelas punggung kamu.

8. Jangan memakai gaun corak binatang
Hampir di seluruh dunia sudah sepakat, kalau gaun animal print tidak cocok untuk dibawa ke pernikahan. Kecuali memang sudah tertulis sebagai dress code. Jika ingin tampil imut, kamu masih bisa memilih gaun dengan polkadot bukan?

9. Make-up.
Kami tidak menyarankan agar make-up kamu seminimalis mungkin, jika kamu memang ingin bersolek, pastikan agar tetap pada tahap aman dari cuitan pembawa acara nantinya. Ingat yah, kamu akan tampil di sebuah pesta pernikahan, bukan di Youtube!

10. Jangan menyamakan gaun kamu dengan pengantin.
Jangan pernah menyamakan gaun kamu dengan pengantin, kamu tidak berada di posisi itu. Gaun pengantin yang dia kenakan adalah harta karun bagi dirinya, dan sangat instimewa. Jadi biarlah dia terus merasakan semua keistiewaan itu.