Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 05 Desember 2014

Lemak Trans Juga Dapat Merusak Memori Anda


KaBeIn, Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak trans tidak hanya menyumbat arteri Anda, tapi juga  dapat merusak memori pada orang muda juga.

Menurut penelitian tersebut, pria muda dan setengah baya yang mengkonsumsi sejumlah besar lemak trans akan mempunyai kemampuan yang jauh berkurang dalam mengingat kata-kata selama tes memori.

Studi ini menemukan bahwa pria dengan jumlah lemak trans tinggi dalam makanan mereka mengalami penurunan 10 persen dalam mengingat kata-kata mereka.

Junkfood merupakan sumber lemak trans. Masihkah mau memakannya?
Penulis penelitian tersebut, Dr Beatrice Golomb, profesor kedokteran di University of California, San Diego, mengatakan, "Semakin tinggi konsumsi lemak trans, semakin buruk kinerja".
Lemak trans adalah jenis lemak makanan yang menimbulkan LDL (kolesterol "jahat") dan menurunkan kadar HDL (kolesterol "baik").

Dalam penelitian ini, mereka memeriksa sekitar 1.000 pria sehat berusia 20 atau lebih tua yang tidak didiagnosis berpenyakit jantung. Peserta penelitian kemudian mengisi kuesioner diet, dimana para peneliti nanti akan memperkirakan konsumsi lemak trans mereka. Untuk mengukur memori, peneliti menggunakan tes yang disebut "kata berulang". Mereka menyediakan serangkaian 104 kartu dengan masing-masing kata pada kartu tersebut.

(Baca Juga: Olahraga Rutin Minimalkan Resiko Terkena Penyakit Parkinson)

Para peneliti menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi lebih banyak lemak trans menunjukkan kinerja yang secara signifikan lebih buruk pada tes memori kata.

Para peneliti menyimpulkan bahwa efek oksidasi lemak trans dapat menyebabkan sel-sel otak yang bertanggung jawab untuk memori menjadi mati. Efek energi depleting lemak trans dapat membuat sel-sel otak lebih lambat dan kurang responsif.