Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 04 Desember 2014

Cara Mengobati Penyakit Cacing Kremi (Cacing Krawit) dengan Bahan Alami


KaBeIn, Cacing kremi, atau threadworms (Enterobius vermicularis), adalah cacing parasit yang paling umum, menginfeksi sekitar 500 juta anak di seluruh dunia. Cacing kremi, cacing putih yang seperempat inci panjangnya dan hidup di sekitar bagian atas usus besar. Ketika cacing kremi betina dewasa akan bertelur, dia akan bermigrasi dari usus ke daerah anus. Inilah mengapa anak-anak biasanya merasakan gatal di bagian anus.

Gejala yang paling umum dari infeksi cacing kremi adalah gatal di anus, tetapi cacing kremi juga dapat menyebabkan masalah yang lebih serius pada anak-anak, termasuk kehilangan nafsu makan, insomnia, mengompol, penurunan berat badan, radang usus buntu, mual dan muntah.

Infeksi cacing kremi atau cacing krawit banyak diderita anak-anak (Visage/Stockbyte/Getty Images)
Meskipun Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba pengobatan cacing, Anda dapat mencoba obat alami berikut untuk menyingkirkan cacing kremi.

1. Lawan infeksi cacing kremi dengan kebersihan yang baik. Kunci yang paling penting untuk mencegah infeksi cacing kremi dari penyebaran dan membantu menghilangkan cacing kremi adalah dengan kebersihan yang sempurna. Jaga daerah anal anak Anda sebersih mungkin. Bersihkan daerah anal dengan kain basah bersih. Pastikan juga untuk selalu mencuci kain dan tangan dengan bersih setelah digunakan.

Juga, Anda harus menjaga seprei anak Anda dan pakaian (terutama pakaian) bersih dan mencuci mereka secara menyeluruh.

2. Makan beberapa siung bawang putih ukuran kecil setiap hari atau menambahkan siung bawang putih pada makanan Anda. Bawang putih adalah obat alami yang umum untuk melawan cacing kremi. Giling bawang putih untuk membuat pasta dan campurkan dengan sejumput Vaseline, terapkan ini pada daerah anus untuk menangani gatal dan membunuh telur.

3. Gunakan cengkeh di setiap kali makan, seperti yang direkomendasikan FatFreeKitchen.com. Cengkeh akan membantu membunuh telur parasit dalam saluran usus.

4. Tambahkan enam sampai tujuh biji lupin ke segelas air hangat kuku. Minum ramuan ini setidaknya empat atau lima kali sehari untuk menghilangkan cacing kremi dari saluran pencernaan. Ini akan bekerja perlahan tapi efisien dalam memerangi infeksi parasit ini.

5. Mengkonsumsi makanan dari pepaya, semangka dan biji labu
Anda juga bisa mencoba makan pare pahit untuk menghilangkan cacing kremi.
(sumber:ehow.com)