Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 05 Desember 2014

Cara Mengobati Ketombe Dengan Minyak Jarak


KaBeIn, Jika seseorang menanyakan pada Anda, nama minyak yang terbaik untuk mengobati ketombe, apa yang akan Anda jawab? Almond, Jojoba ataukah minyak zaitun? Nah, ternyata jawaban Anda sangat melenceng! Minyak yang Anda sebutkan memang dapat menyembuhkan ketombe tetapi tidak seefektif dari minyak jarak yang akan kita bahas kali ini.

Jadi, jika Anda masih meragukan kemampuan minyak jarak dapat menyembuhkan ketombe, maka sudah saatnya Anda berhenti melakukan hal itu. Mengapa? Baca terus postingan ini.

Minyak jarak telah dikenal dapat menginduksi persalinan, US FDA telah mengkategorikan minyak jarak sebagai pencahar yang aman dan efektif.

Image: Shutterstock
Bagaimana Minyak Jarak Bisa Mengobati Ketombe?

1. Salah satu unsur penting dari minyak jarak adalah Asam risinoleat yang memiliki sifat anti-mikroba, dan inilah yang membuat minyak jarak sebagai properti pembunuh bakteri penyebab ketombe, melindungi kulit kepala dari infeksi mikroba dan jamur yang menyebabkan ketombe dan infeks kulit kepala seperti dermatitis seboroik.

2. Minyak jarak merupakan pelembab yang sangat baik, karena tingginya kandungan asam lemak omega 9. Minyak ini dapat mengunci kelembaban pada rambut sehingga bisa menjadi kondisioner rambut yang sangat baik. Bagus juga untuk perawatan rambut bercabang dan membuat rambut berkilau serta halus. Sifat pelembab dari asam lemak omega 9 juga membantu dalam memerangi kulit kering dan ketombe.

(Baca Juga: Tips Melancarkan Pencernaan Saat Kekenyangan)

3. Minyak jarak juga sarat dengan nutrisi seperti mineral, omega 6 asam lemak dan vitamin E yang kesemuanya dapat melembabkan serpihan ketombe kering dan melawan sindrom kulit kepala gatal.

Tips Menggunakan Minyak Jarak untuk Mengobati Ketombe.

Minyak jarak dapat diterapkan secara langsung pada kulit kepala, atau dapat dicampur dengan  minyak rambut seperti Jojoba dan Zaitun untuk mengintensifkan manfaatnya. Hangatkan minyak dan pijat kulit kepala Anda dengan minyak ini untuk meningkatkan sirkulasi darah, pertumbuhan rambut dan mengurangi ketombe. Setelah mengoleskan minyak jarak, Anda bisa membiarkannya semalaman untuk manfaat maksimal, atau Anda bisa menerapkan minyak ini sekitar 20 menit sebelum mencuci rambut.