Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 15 Desember 2014

Biografi Simon Wiesenthal, Penulis dan Pemburu Nazi dari Austria


KaBeIn, Simon Wiesenthal adalah seorang Yahudi Austria yang membantu membawa lebih dari 1.000 penjahat perang Nazi ke pengadilan setelah Perang Dunia II (1939-1945). Dia membantu dalam membawa ke pengadilan diantaranya mantan perwira Nazi, Adolf Eichmann, yang berperan penting dalam perencanaan Holocaust, dan Karl Silberbauer, yang menangkap Anne Frank. Pada tahun 1961, Wiesenthal mendirikan Pusat Dokumentasi Yahudi di Wina, Austria. Di Pusat inilah Wiesenthal mengarahkan hingga tahun 2003, mengumpulkan informasi, dan bukti terhadap, tersangka penjahat perang Nazi.

Wiesenthal lahir pada 31 Desember 1908, di Buczacz, Austria-Hungaria (sekarang Buchach, Ukraina). Ia belajar teknik arsitektur di Universitas Praha dan bekerja sebagai seorang arsitek sebelum Perang Dunia II. Selama perang, sebagian besar keluarga Wiesenthal meninggal atau dibunuh dikamp konsentrasi Soviet dan Jerman. Wiesenthal menghabiskan sebagian besar perang di kamp-kamp kerja paksa Jerman.

Simon Wiesenthal
Wiesenthal menulis sejumlah buku, termasuk memoarnya, The Murderers Among Us (1967). Dia menerima gelar kehormatan dari berbagai negara sebagai pengakuan atas karyanya. Wiesenthal meninggal pada 20 September 2005.