Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 18 Desember 2014

9 Pengobatan Alami untuk Infeksi Saluran Kemih


KaBeIn, Infeksi saluran kemih (ISK) adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Laki-laki dan perempuan bisa beresiko dengan infeksi ini, namun para wanita lebih rentan terhadap penyakit ini.

ISK terjadi ketika kandung kemih dan saluran pembuangannya  terinfeksi oleh bakteri. Beberapa penyebabnya karena melakukan hubungan seksual, menahan kencing terlalu lama, kehamilan, menopause, dan diabetes.

Gejala umum dari ISK seperti keinginan untuk selalu buang air kecil, air kencing keluarnya sedikit-sedikit, sensasi terbakar ketika buang air kecil, perubahan warna urin, sakit perut, demam, mual, dan muntah.

Pengobatan langsung diperlukan agar infeksi tidak menyebabkan kerusakan pada ginjal. Selain menggunakan pengobatan konvensional, Anda juga bisa mencoba pengobatan alami yang aman.


Berikut ini cara alami untuk mengobati infeksi saluran kemih.

1. Apple Cider Vinegar
Cuka sari apel merupakan sumber yang kaya enzim, kalium dan mineral yang berguna lainnya yang dapat mencegah bakteri penyebab ISK bertambah banyak atau tumbuh. Mereka yang menderita ISK dapat menggunakan cuka sari apel sebagai antibiotik alami untuk mengobati infeksi.

     Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke segelas air. Anda juga dapat menambahkan jus lemon dan mempermanis dengan madu. Campur dengan baik. Minum dua kali sehari selama beberapa hari.

2. Gooseberry India (Amla)
Gooseberry India kaya akan vitamin C yang pada gilirannya menghambat pertumbuhan bakteri.

     Ambil secangkir air.
     Tambahkan satu sendok teh amla bubuk dan satu sendok teh bubuk kunyit.
     Rebus sampai setengah airnya menguap.
     Minum tiga kali sehari selama 3-5 hari.

Anda juga bisa makan lebih banyak buah-buahan seperti lemon, jeruk, pisang, jambu biji, kiwi, melon, raspberry, tomat, dan pepaya yang mengandung cukup jumlah vitamin C.

3. Jus Cranberry
Senyawa proanthocyanidins yang ditemukan di cranberry mencegah bakteri mencapai dinding uretra dan menyebabkan ISK.

     Minum setengah gelas jus cranberry sehari-hari adalah cara termudah untuk mencegah infeksi saluran kemih.
     Mereka yang menderita ISK harus minum sekitar tiga sampai empat gelas jus cranberry setiap hari untuk mencegah infeksi dari menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Anda harus minum jus cranberry tanpa gula. Anda dapat mencampurnya dengan jus apel untuk meningkatkan rasa.
Peringatan: Jangan konsumsi jus cranberry jika Anda memiliki riwayat batu ginjal.

4. Baking Soda
Baking soda akan meningkatkan keseimbangan asam-basa dari asam urin dan memberikan bantuan dari rasa sakit. Menetralkan keasaman urine juga akan membantu mempercepat pemulihan. Cukup tambahkan satu sendok teh baking soda ke segelas air dan minum sekali atau dua kali sehari.

5. Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh memiliki sifat antibakteri untuk membantu memerangi bakteri yang menyebabkan infeksi kandung kemih.

     Campurkan 10 tetes minyak pohon teh dalam air mandi Anda dan gunakan air ini untuk mencuci lubang uretra.

(Baca Juga: Pengobatan Alami untuk Nyeri Kaki)

6. Blueberry
Blueberry memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu dalam pengobatan ISK. Antioksidan yang hadir dalam blueberry baik untuk sistem kekebalan tubuh, dan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan ISK

Anda dapat menambahkan beberapa blueberry segar untuk sereal favorit Anda dan mengkonsumsinya untuk sarapan.

Anda juga dapat membuat jus blueberry segar dan memiliki setiap hari, pagi dan malam untuk hasil yang cepat. Jangan menambahkan pemanis buatan untuk jus.

7. Nanas
Nanas mengandung enzim yang disebut Bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala ISK. Bersama dengan nanas, ambil juga antibiotik yang diresepkan oleh dokter untuk mempercepat menyingkirkan jenis infeksi.

Makan secangkir nanas secara teratur dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Anda juga dapat membuat jus dari setengah nanas dan mengkonsumsinya.

8. Kompres Air Panas
Kompres air panas akan membantu meminimalkan tekanan kandung kemih dan memberikan bantuan dari rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi. Sebuah kompres panas juga akan mengurangi peradangan dan membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi.
     Tambahkan air panas dalam botol air yang fleksibel. Tempatkan botol air panas pada perut bagian bawah selama beberapa menit.

9. Air Minum
Perbanyak minum air saat Anda menderita infeksi saluran kemih. Cobalah untuk minum setidaknya delapan sampai 10 gelas air setiap hari. Dengan meminum lebih banyak air, Anda akan membuang air kecil lebih sering, ini penting untuk menangani jenis infeksi.


Pengobatan alami diatas adalah efektif dalam menangani infeksi saluran kemih. Namun Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki gejala seperti kencing berdarah, muntah atau demam tinggi.