Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 15 Desember 2014

9 Pengobatan Alami untuk Bibir Pecah-pecah


KaBeIn, Bibir pecah-pecah atau kering adalah masalah umum yang bisa menyakitkan dan membuat penampilan tidak menarik. Gejala umumnya seperti kekeringan, kemerahan, retak, mengelupas, dan bibir sakit.

Beberapa penyebab utamanya adalah kekurangan vitamin, reaksi alergi, dehidrasi, merokok, menjilati bibir berlebihan, paparan sinar matahari dan cuaca yang ekstrim.

Meskipun ada banyak produk komersial yang tersedia untuk mengobati bibir pecah-pecah. Tapi untuk amannya, kami menyarankan untuk mengobati bibir pecah-pecah dengan bahan alami. Selain murah pengobatan ini juga sangat mudah.

Berikut ini cara mengobati bibir pecah-pecah dengan bahan alami. Diambil dari laman Home Remedies.


1. Gula
Dengan melakukan pengelupasan sel-sel mati dari bibir pecah-pecah Anda, ini akan membantu mengembalikan kelembutan alami bibir Anda jauh lebih cepat.

- Campur dua sendok teh gula dengan satu sendok teh madu. Oleskan pasta tersebut ke bibir Anda dan biarkan duduk selama beberapa menit.
- Kemudian gunakan jari Anda dengan lembut menggosok campuran pada bibir Anda untuk melonggarkan sel-sel kulit mati.
- Cuci dengan air hangat.

2. Madu
Madu adalah pelembab besar yang juga memiliki penyembuhan dan antibakteri properti untuk mengobati bibir pecah-pecah.

Cukup oleskan madu organik murni pada bibir pecah-pecah Anda beberapa kali sehari.

Anda juga dapat membuat pasta dari madu dan gliserin dan menerapkannya sebelum tidur untuk mendapatkan bibir lembut di pagi hari.

3. Kelopak Mawar
Kelopak mawar di pekarangan Anda juga dapat membantu dari bibir pecah-pecah. Cara ini akan membantu bibir Anda tetap lembab serta meningkatkan warna bibir yang indah.

- Cuci segenggam kelopak mawar secara menyeluruh dalam air. Rendam kelopak dalam susu selama beberapa jam. (Jika Anda memiliki masalah dengan produk susu, Anda bisa merendamnya dalam gliserin sebagai gantinya.)
- Hancurkan kelopak mawar menjadi pasta kental.
- Oleskan pasta pada bibir kering dua sampai tiga kali sehari dan setiap malam sebelum tidur.

4. Minyak Kelapa
Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang dapat membantu menyembuhkan bibir pecah-pecah yang disebabkan oleh cuaca dingin atau kering. Cukup oleskan minyak kelapa murni beberapa kali sehari pada bibir Anda untuk menjaga kelembaban. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun.

5. Minyak Jarak
Pengobatan lain yang baik untuk bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan minyak jarak.

- Cukup oleskan minyak jarak pada bibir Anda beberapa kali sehari.
- Anda juga dapat membuat obat menggunakan satu sendok teh minyak jarak, satu sendok teh gliserin dan beberapa tetes jus lemon segar. Campur dengan baik dan menerapkannya pada bibir Anda sebelum tidur. Di pagi hari, cuci dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat. Ulangi ini setiap hari sampai bibir sembuh.

6. Susu Krim
Kandungan lemak yang tinggi pada susu krim alam melembabkan bibir Anda secara alami.

Oleskan krim susu segar pada bibir Anda dan biarkan selama 10 menit. Lalu dengan lembut mencuci bibir Anda dengan bola kapas yang dicelupkan ke dalam air hangat. Lakukan ini setiap hari untuk membantu bibir Anda sembuh lebih cepat.

7. Gel Aloe Vera
Kualitas penyembuhan lidah buaya sudah sangat dikenal. Letakkan sedikit gel lidah buaya pada bibir Anda setiap hari untuk membantu menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit. Gel aloe vera memang memiliki rasa yang tidak menyenangkan tapi kualitas penyembuhannya sudah tidak diragukan lagi.

(Baca Juga: Cara Mengobati Kulit Kecoklatan karena Terbakar Matahari)

8. Mentimun
Solusi lain yang sederhana dan alami untuk bibir pecah-pecah adalah mentimun.

Gosokkan irisan kecil mentimun di bibir kering Anda dengan lembut pada bibir Anda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit dan kemudian cuci bibir Anda dengan air. Lakukan ini beberapa kali sehari untuk membantu bibir Anda sembuh lebih cepat.

9. Air
Dehidrasi bisa menjadi penyebab utama di balik bibir pecah-pecah. Sangat penting untuk minum banyak air sepanjang hari untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Cobalah untuk memulai hari Anda dengan minum satu atau dua gelas air sebelum makan atau minum apa pun. Juga, sebelum tidur minum setidaknya satu gelas air. Selain menjaga Anda terhidrasi, air membantu mengeluarkan racun dari tubuh.