Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 23 Desember 2014

9 Efek Samping Tak Terduga dari Teh Lemon


KaBeIn, Teh lemon memang bisa jadi sangat bermanfaat jika dikonsumsi dalam jumlah dan waktu yang tepat. Namun ada saatnya kita harus menghindari minuman teh lemon, atau setidaknya menguranginya.

Berikut ini efek samping teh lemon yang mungkin membuat Anda terkejut. Diambil dari laman StyleCraze.com


1. Bisa Merusak Gigi:
Orang yang mengonsumsi lemon teh secara teratur menunjukkan tanda-tanda erosi pada enamel gigi. Lemon tea bisa menjadi silent killer untuk enamel gigi Anda, membuat gigi Anda rentan terhadap nyeri akut dan kepekaan terhadap perubahan suhu yang tajam.

2. Sensasi Terbakar:
Konsumsi berlebihan lemon tea dapat mengubah tingkat pH lambung dan usus, menyebabkan asam  dari perut bergerak naik ke kerongkongan Anda. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan kadang-kadang muntah.

3. Dehidrasi:
Dalam kasus ekstrim, lemon bekerja sebagai diuretik. Ini berarti memicu dehidrasi pada tubuh dengan dorongan sering buang air kecil. Sering mengkonsumsi lemon tea dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

4. Sariawan:
Minum terlalu banyak lemon tea dapat mengiritasi selaput lendir dan berpotensi menyebabkan sariawan. Lemon tea dapat menjadi malapetaka bagi mulut Anda.

(Baca Juga: Manfaat Tanaman Asparagus untuk Kesehatan)

5. Tidak Aman Bagi Ibu Hamil:
Wanita hamil disarankan tidak mengkonsumsi teh lemon karena mengandung kafein. Konsumsi berlebihan lemon tea dapat memicu efek samping yang parah yakni keguguran atau lainnya.

6. Tidak aman untuk ibu menyusui:
Wanita yang sedang menyusui bayi juga harus menghindari teh lemon. Kafein dari teh akan bercampur dengan ASI dan dapat membahayakan bayi yang bergantung pada susu.

7. Osteoporosis:
Teh lemon diam-diam akan mengeluarkan sejumlah besar kalsium dari tubuh melalui urine, yang dapat menyebabkan osteoporosis di masa mendatang.

8. Alzheimer:
Penelitian telah mengaitkan asupan lemon tea dengan kemungkinan memiliki penyakit Alzheimer dimasa mendatang. Rutin mengasup lemon tea dapat menyebabkan akumulasi plak di otak, yang dikaitkan dengan timbulnya Alzheimer.

9. Masalah Perut:
Pada beberapa orang, asupan rutin lemon tea dapat menyebabkan sakit perut, diare,dan sindrom iritasi usus.

Semua efek samping teh lemon diatas adalah serius, namun ini bukan berarti Anda tidak bisa mengkonsumsinya sama sekali. Bagaimanapun teh lemon bisa membuat relaksasi. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan asupan cukup, jangan terlalu banyak. Jangan minum teh lemon lebih dari satu cangkir sehari, dan jangan minum dipagi hari saat perut masih kosong.