Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 10 Desember 2014

9 Cara Alami Mengobati Bau Mulut yang Harus Anda Coba


KaBeIn, Bau mulut, dikenal juga sebagai halitosis, ini bisa menjadi hal yang sangat memalukan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri Anda. Bau mulut dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti makan makanan berbau, merokok, mulut kering, kondisi medis, penyakit gusi, dan kondisi sinus. Namun, penyebab utama bau mulut adalah bakteri yang bersemayam di bagian belakang lidah Anda atau diaantara gigi Anda.

Menjaga kesehatan mulut yang baik sangat penting untuk mengendalikan bau mulut. Juga asupan rutin air sangat penting untuk menjaga napas Anda segar. Setelah makan makanan, air desir di sekitar mulut Anda selama beberapa detik. Ini akan melonggarkan partikel makanan yang terjebak di antara gigi dan membersihkan mulut Anda. Seiring dengan air, Anda juga dapat mengobati bau mulut dengan bantuan beberapa bahan tersedia dari lemari dapur Anda.


Berikut adalah 9 cara alammi untuk mengurangi bau mulut.

1. Adas
Adas mengandung sifat antimikroba yang memerangi bau mulut.

Perlahan-lahan kunyahlah satu sendok makan adas untuk menyegarkan napas Anda dan merangsang produksi air liur dalam mulut Anda.

Jika Anda telah makan makanan dengan bau yang kuat, segeralah menyegarkan nafas Anda dengan mengunyah biji adas dicampur dengan biji rempah-rempah aromatik lain seperti cengkeh dan kapulaga.

2. Cinnamon (kayu manis)
Kayu manis mengandung aldehida sinamat, sejenis minyak esensial yang tidak hanya menutupi bau mulut, tetapi juga benar-benar mengurangi jumlah bakteri dalam air liur Anda. Untuk mengobati bau mulut, ikuti obat ini dua kali sehari.

- Rebus satu sendok teh bubuk kayu manis dalam secangkir air.
- Anda dapat menambahkan beberapa daun salam dan kapulaga juga.
- Saring dan gunakan sebagai obat kumur untuk menyegarkan napas Anda.

3. Cengkeh
Cengkeh memiliki sifat antiseptik yang kuat yang sangat membantu dalam menyingkirkan bau mulut.

Cara termudah adalah mengunyah beberapa potong cengkeh ke dalam mulut Anda Ini akan menghilangkan bau mulut dalam beberapa menit.

Anda juga dapat membuat teh cengkeh dengan menempatkan tiga siung cengkeh dalam dua cangkir air panas dan tunggu selama 20 menit. Anda dapat minum teh ini atau menggunakannya sebagai obat kumur dua kali sehari.

4. Parsley
Peterseli mengandung klorofil yang dapat membantu mengontrol bau mulut.

Celupkan segenggam daun peterseli segar dalam cuka dan mengunyah mereka secara menyeluruh untuk satu atau dua menit.

Anda juga dapat menempatkan daun peterseli dalam juicer dan minum jus kapan saja Anda butuhkan untuk menyegarkan napas Anda. Peterseli juga akan membantu pencernaan dengan mengurangi produksi gas dalam usus.

5. Jus Lemon
Menyegarkan bau mulut dengan lemon telah digunakan selama beberapa generasi. Kandungan asam yang tinggi dalam lemon mencegah pertumbuhan bakteri di lidah dan gusi. Cukup aduk satu sendok makan jus lemon ke dalam secangkir air dan bilas mulut Anda secara menyeluruh. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam untuk ini dan bilas mulut Anda sebelum tidur. Obat ini akan membantu untuk memecahkan masalah mulut kering yang merupakan salah satu alasan utama di balik bau mulut.

6. Apple Cider Vinegar/Cuka Sari Apel
Karena bersifat asam, cuka sari apel membuat obat yang tepat untuk bau mulut. Anda dapat mencoba salah satu cara dibawah ini:

- Aduk satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air dan minum sebelum makan. Cuka akan membantu dalam pencernaan serta menyembuhkan bau mulut.
-  Minum satu sendok makan cuka sari apel yang diencerkan setelah makan.
-  Berkumurlah dengan cuka sari apel yang dicampur dalam secangkir air.

7. Baking Soda
Baking soda adalah solusi yang bagus untuk menyingkirkan dan mencegah bau mulut.

- Menyikat gigi dengan baking soda akan membantu mengurangi keasaman dalam mulut Anda dan mencegah bakteri yang mengendap di lidah Anda.
- Anda juga bisa berkumur dengan baking soda yang dilarutkan dalam air hangat untuk membunuh bakteri penyebab bau.

(Baca Juga: Cara Mengobati Diabetes dengan Bahan Alami yang Aman)

8. Minyak Phon Teh
Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik yang bertindak seperti desinfektan yang kuat untuk mulut Anda. Anda bisa mendapatkan manfaat dari minyak pohon teh dalam berbagai cara.

- Sikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung minyak pohon teh.
- Masukan beberapa tetes minyak pohon teh pada sikat gigi bersama dengan pasta gigi biasa.
- Campur jumlah yang sama dari minyak pohon teh, minyak peppermint dan minyak lemon dalam segelas air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

9. Teh
Teh bisa maupun teh herbal juga dapat membantu memerangi bau mulut. Senyawa yang dikenal sebagai polifenol yang ditemukan di kedua teh hijau dan hitam dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang penyebab bau mulut.