Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 13 Desember 2014

8 Pengobatan Alami untuk Sakit Pinggang


KaBeIn, Sakit pinggang merupakan masalah kesehatan umum yang banyak dialami oleh orang paruh baya dan lanjut usia, tetapi bisa juga diderita oleh orang yang lebih muda.

Diantara gejala sakit pinggang seperti nyeri di belakang atau di sekitar pinggul, kurangnya fleksibilitas tulang belakang dan sulit tidur.

Sakit pinggang dapat terjadi karena berbagai alasan seperti otot tegang, diet yang tidak tepat, kurangnya aktivitas fisik, arthritis, pekerjaan fisik yang berlebihan, salah posisi duduk dan kehamilan.

Menderita sakit pinggang menyulitkan kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Tapi jangan kawatir, ada beberapa pengobatan alami untuk sakit pinggang.


Berikut ini adalah cara alami mengobati sakit pinggang. Dilansir dari laman Home Remedies

1. Jahe
Jahe, yang digunakan untuk mengobati muntah, dapat juga digunakan dalam pengobatan sakit punggung/pinggang. Senyawa-senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat memberikan bantuan dari sakit punggung.

- Terapkan beberapa pasta jahe pada daerah yang terkena, diikuti oleh minyak kayu putih.

- Potong irisan tipis jahe segar dan menempatkannya dalam panci air mendidih. Didihkan dengan api kecil selama 10 sampai 15 menit. Kemudian dinginkan sampai suhu kamar dan saring. Tambahkan madu dan kemudian meminumnya. Anda dapat minum teh jahe ini dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari atau sampai Anda melihat perbaikan.

2. Daun Kemangi
Daun kemangi juga dapat datang untuk menyelamatkan Anda ketika menderita sakit punggung/pinggang.

- Tambahkan 8 sampai 10 daun kemangi untuk satu cangkir air dan rebus sampai airnya menguap setengah.
- Biarkan dingin ke suhu kamar dan kemudian menambahkan sedikit garam.
- Untuk nyeri ringan, minum ramuan ini sekali sehari; untuk sakit parah, minum dua kali sehari.

3. Minyak Herbal
Memijat punggung Anda dengan minyak herbal dapat membantu otot-otot Anda rileks dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan minyak herbal seperti minyak kayu putih, minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa. Panaskan minyak sampai hangat dan pijat dengan lembut di atas area sakit.

4. Bawang putih
Bawang putih merupakan bahan yang dapat membantu mengobati sakit pinggang. Cukup makan dua sampai tiga siung bawang putih setiap pagi saat perut kosong. Anda juga dapat memijat punggung Anda dengan minyak bawang putih.

Untuk membuat minyak bawang putih, panaskan minyak kelapa, minyak mustard atau wijen pada panas rendah dan kemudian menambahkan 8 sampai 10 siung bawang putih. Goreng bawang putih sampai berwarna coklat. Saring minyak dan biarkan dingin ke suhu kamar.

Pijat punggung Anda dengan lembut dengan minyak. Biarkan selama beberapa waktu dan kemudian mengambil mandi di air hangat.

(Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Ketombe Membandel)

5. Batu es
Kompres dingin yang dibuat dengan es efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Jika es tidak tersedia, Anda juga dapat menggunakan kantong sayuran beku.

- Letakkan es yang dihancurkan dalam kantong plastik dan bungkus dalam handuk. Tempelkan kompres pada daerah yang terkena selama 10 sampai 15 menit.
     Lakukan ini berulang-ulang, menunggu antara setengah jam setiap aplikasi.

Anda juga dapat menerapkan kompres panas untuk mengurangi sakit punggung.

6. Garam Epsom
Garam Epsom dapat meringankan rasa sakit dan mengurangi peradangan.

- Campur garam Epsom dengan air panas untuk membuat pasta tebal. Rendam handuk di dalamnya dan peras air berlebih dari handuk. Letakkan di dekat pinggang dan sekitar area sakit. Panas dari handuk juga akan mengurangi anyswelling.

Anda juga dapat menambahkan dua cangkir garam Epsom untuk air mandi Anda dan rendam tubuh Anda di dalamnya selama setengah jam.

7. Teh Chamomile
Secangkir teh panas chamomile akan membantu mengendurkan otot tegang yang bisa menjadi penyebab atau gejala terkait sakit punggung. Anda dapat membeli pra-paket teh chamomile atau membuat sendiri.

Tambahkan satu sendok makan bunga chamomile untuk satu cangkir air mendidih dan biarkan selama 10 menit. Minum satu sampai tiga cangkir sehari.

8. Susu
Susu merupakan sumber yang kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda untuk tulang yang kuat dan otot yang sehat. Memastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan jumlah yang cukup kalsium dapat membantu meringankan dan mencegah sakit punggung.

- Minum susu secara teratur. Anda dapat menambahkan beberapa madu untuk pemanis.

- Anda juga dapat membuat campuran rumput kuskus dan gula dalam jumlah yang sama dan mengkonsumsi dua kali sehari dengan secangkir susu hangat.