Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 17 Desember 2014

8 Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Nyeri Dada (Angina)


KaBeIn, Nyeri dada disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke jantung yang dikenal sebagai angina pektoris atau angina. Gejala angina seperti rasa sakit di perut bagian tengah atas, punggung, leher, rahang atau bahu serta mual, kelelahan, sesak napas, berkeringat dan pusing.

Faktor utama nyeri dada adalah karena merokok, diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gaya hidup dan riwayat keluarga penyakit jantung.

Untuk mengobati nyeri dada, Anda mungkin perlu obat yang diresepkan dokter. Namun Anda juga dapat menggunakan beberapa pengobatan alami yang sederhana untuk mengurangi penyumbatan di arteri dan dengan demikian membantu mengurangi frekuensi, atau bahkan menghilangkan, nyeri dada.


Berikut ini cara alami mengobati sakit dada. Kami ambil dari laman Home Remedies

1. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk nyeri dada. Menurut sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, konsumsi secara teratur bawang putih dapat mencegah dan menunda penyakit kardiovaskular.

Bawang putih juga dapat menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah penumpukan plak di dinding arteri, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen ke jantung Anda.

     Tambahkan ½ sendok teh jus bawang putih untuk secangkir air panas dan minum.
     Sebagai tindakan pencegahan, makan 1 sampai 2 siung bawang putih mentah dengan air setiap pagi dengan perut kosong.

2. Jahe
Jahe adalah obat rumah alami yang terbukti untuk nyeri dada. Gingerol, senyawa kimia dalam jahe, membantu menurunkan kadar kolesterol. Menjadi antioksidan, juga melindungi pembuluh darah dari kerusakan akibat kolesterol.

     Bila menderita nyeri dada, minum secangkir teh jahe. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok makan jahe parut untuk satu cangkir air panas. Tutup dan curam selama 5 menit, kemudian saring.
     Untuk kesehatan jantung, makan sepotong kecil jahe mentah pada waktu perut kosong setiap hari.

3. Kunyit
Kunyit juga dianjurkan untuk mengobati nyeri dada. Bahan aktif yang disebut curcumin membantu mengurangi oksidasi kolesterol, penumpukan plak dan pembentukan bekuan. Kunyit juga merupakan properti anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit di dada.

     Tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu dan didihkan. Tambahkan sedikit madu dan minum selagi masih hangat.
     Untuk meningkatkan kesehatan jantung, masukkan bubuk kunyit dalam masakan biasa atau mengambil suplemen kunyit setelah konsultasi dengan dokter.

4. Kemangi
Basil/Kemangi juga merupakan obat alami yang baik untuk nyeri dada. Magnesium dalam kemangi mempromosikan aliran darah dengan membantu jantung dan pembuluh darah untuk rileks. Antioksidan vitamin A dalam kemangi mencegah penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah.

     Selama nyeri dada, mengunyah 8 sampai 10 daun kemangi segar atau minum secangkir teh kemangi untuk mendapatkan bantuan.
     Untuk mencegah nyeri dada dan memperbaiki kondisi jantung Anda, ambil 1 sendok teh jus kemangi segar bersama dengan 1 sendok teh madu setiap hari pada waktu perut kosong.

5. Alfalfa
Alfalfa efektif dalam mengurangi nyeri dada karena membantu menurunkan kadar kolesterol dan penumpukan plak dan menjamin aliran darah yang lancar menuju jantung. Mengandung jumlah yang cukup dari klorofil yang membantu melembutkan arteri dan mengurangi timbulnya nyeri dada dan jantung.

     Minum teh alfalfa hangat ketika Anda memiliki nyeri dada. Untuk membuat teh, tambahkan 1 sendok teh daun alfalfa kering untuk satu cangkir air panas. Curam selama 5 menit, kemudian saring.
     Anda juga dapat mengambil suplemen alfalfa setiap hari untuk mengurangi terjadinya nyeri dada. Konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu.

6. Fenugreek
Menurut Ayurveda (pengobatan India), fenugreek dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah angina.

     Tambahkan 1 sendok teh biji fenugreek untuk 1 ½ cangkir air dan didihkan selama 5 menit. Saring, tambahkan 2 sendok teh madu dan minum.

     Untuk mengurangi kolesterol dan mencegah angina, makan biji fenugreek rendaman. Caranya rendam biji fenugreek selama semalaman. Keesokankan paginya, makan biji rendaman ini bersama dengan air pada waktu perut kosong.

(Baca Juga: Manfaat Kembang Sepatu untuk Kesehatan)

7. Almond
Almond kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat mengurangi kolesterol darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Karena kaya akan  sterol, serat dan magnesium, almond dapat membantu jumlah kolesterol dan mencegah serangan angina dimasa depan.

     Campur jumlah yang sama antara minyak almond dan minyak mawar secara menyeluruh. Gosok dengan lembut di atas dada.
     Untuk mengurangi risiko angina serta penyakit jantung lainnya, makan sekitar segenggam almond panggang setiap hari.

8. Asam Lemak Omega-3
Jika Anda memiliki penyakit jantung, kolesterol tinggi atau riwayat keluarga penyakit jantung, maka Anda perlu meningkatkan asupan makanan yang kaya asam lemak omega-3.

Asam lemak sehat ini membantu menurunkan trigliserida (lemak dalam darah) dan mencegah angina sekaligus karena antioksidan dan anti-inflamasi, lemak omega-3 ini memiliki efek penting pada kesehatan jantung.

     Makan 2 sampai 3 porsi ikan berlemak seperti mackerel, tuna, trout, herring, salmon, dan sarden bluefish setiap minggu.
     Sumber vegetarian asam lemak omega-3 adalah biji rami, biji chia, kenari, kacang kedelai, tahu, labu dan minyak zaitun.
     Anda juga dapat mengambil suplemen omega-3 setelah berkonsultasi dengan dokter Anda. Dosis umum adalah 500 mg per hari.