Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 08 Desember 2014

8 Pengobatan Alami untuk Batuk


KaBeIn, Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum. Ketika ada penyumbatan atau iritasi di tenggorokan atau saluran udara bagian atas, otak Anda akan berpikir elemen asing hadir dan memberitahu tubuh Anda untuk batuk untuk menghapus elemen. Batuk juga bisa disebabkan oleh infeksi virus, pilek, flu, dan merokok atau masalah kesehatan seperti asma, TBC, dan kanker paru-paru.

Beberapa gejala batuk seperti tenggorokan gatal, nyeri dada, dan kemacetan. Anda dapat mencoba beberapa perawatan batuk alami menggunakan bahan-bahan yang sudah tersedia di dapur Anda.

Berikut adalah 8 solusi alami untuk batuk. Yang kami ambil dari laman top10homeremedies.com


1. Kunyit
Ramuan kunyit memiliki efek terapi pada batuk, terutama batuk kering.

- Panaskan setengah cangkir air dalam panci sampai mendidih. Tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok teh lada hitam, dan satu sendok makan madu. Anda juga bisa menambahkan kayu manis. Rebus selama sekitar dua sampai tiga menit. Minum setiap sehari sampai kondisi membaik.

- Atau, membuat teh herbal dengan menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dan satu sendok teh biji karambol untuk secangkir air, dan rebus sampai airnya menjadi setengah cangkir. Tambahkan beberapa madu dan minum obat herbal ini dua sampai tiga kali sehari.


2. Jahe
Jahe adalah salah satu obat alami yang paling populer untuk batuk.

Potong jahe segar dan iris kecil dan tumbuk sedikit. Masukkan kedalam secangkir air dan didihkan. Minum herbal ini tiga sampai empat kali sehari untuk bantuan dari sakit tenggorokan, batuk berkepanjangan dan bahkan hidung mampet. Anda juga dapat memasukkan jus lemon dan madu pada herbal ini.

3. Lemon
Lemon dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menyembuhkan batuk.

- Sebuah sirup obat batuk sederhana dapat dibuat dengan menggabungkan dua sendok makan jus lemon dan satu sendok makan madu dan panaskan sampai hangat. Minum sirup sehat ini beberapa kali sehari.

4. Bawang putih
Bawang putih memiliki kedua komponen antibakteri dan antimikroba yang membantu mengobati batuk.

- Rebus 2-3 siung bawang putih dalam secangkir air dan tambahkan satu sendok teh oregano. Biarkan dingin sampai suhu kamar, tambahkan madu dan minum. Ini akan membantu pernapasan Anda dan mengurangi gejala batuk lainnya.

- Anda juga bisa makan langsung siung bawang putih dicampur dengan beberapa tetes minyak cengkeh dan madu untuk bantuan sakit tenggorokan. Atau menggunakan bawang putih dalam masakan Anda.

5. Susu Panas dengan Madu
Susu panas dengan madu dapat meredakan batuk kering dan mengurangi nyeri dada yang diakibatkan batuk terus menerus. Untuk hasil terbaik, minumlah sebelum tidur. Untuk manfaat tambahan dari sifat analgesik madu, telan satu sendok teh madu saat perut kosong, ini akan membantu membersihkan lendir dan menenangkan tenggorokan Anda.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Kaki atau Kaki Bau)

6. Jus Wortel
Wortel memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang dapat membantu meringankan berbagai gejala batuk.

Membuat jus segar antara empat hingga lima wortel dan tambahkan air untuk mencairkannya. Untuk rasa dan manfaat tambahan, tambahkan satu sendok teh madu. Minum jus ini tiga sampai empat kali sehari sampai gejala membaik.

7. Anggur
Anggur memiliki sifat yang bertindak sebagai ekspektoran, melepaskan lendir dari bagian yang terkena sistem pernapasan Anda. Semakin cepat Anda menyingkirkan lendir, semakin cepat batuk Anda akan berakhir. Anda cukup makan buah anggur atau membuat beberapa jus anggur segar.

8. Almond
Almond memiliki sifat nutrisi yang berperan proaktif dalam penyembuhan gejala batuk.

- Rendam 5-6 almond dalam air selama 8 sampai 10 jam.
- Buatlah pasta halus dari almond tersebut dan tambahkan satu sendok teh mentega.
- Makanlah 3-4 kali sehari sampai sembuh.

Pengobatan rumah ini dapat memberikan bantuan dari berbagai gejala batuk tanpa efek samping. Tapi jika Anda memiliki batuk terus-menerus selama lebih dari dua minggu, konsultasikan dengan dokter Anda.