Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 09 Desember 2014

8 Manfaat Minyak Kunyit untuk Kesehatan


KaBeIn, Kunyit sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Kandungan kurkumin dalam kunyit sudah sangat populer. Jika biasanya orang menggunakan kunyit untuk kesehatan dalam bentuk bubuk atau serbuk, maka ketika kunyit dijadikan minyak, maka manfaatnya bisa lebih efektif lagi.

Berikut ini manfaat minyak kunyit untuk kesehatan, kami kutip dari laman stylecraze.com

1. Kandungan Anti-inflamasi
Salah satu unsur utama minyak kunyit adalah alpha-curcumene. Inilah yang membuat kunyit mempunyai sifat sifat anti-inflamasi.

2. Mengobati Arthritis
Arthritis adalah salah satu masalah utama yang mengganggu sebagian besar orang tua. Minyak kunyit dapat melakukan kebaikan dengan mempercepat proses penyembuhan rematik. Memijat tepat diatas sendi dengan minyak kunyit dapat menjaga kesehatan dan menghentikan terjadinya nyeri sendi.


3. Melawan Kanker
Sebuah penelitian tahun 2011 menemukan bahwa minyak kunyit dapat melawan radikal bebas dalam tubuh (sumber:ncbi.nlm.nih.gov). Kunyit efektif dalam mencegah kanker karena mempercepat detoksifikasi karsinogenik dalam tubuh manusia.

4. Bisa membantu pencernaan
Dua senyawa utama minyak kunyit, 6-gingerol dan Zingeriberene, memainkan peran utama dalam mengobati masalah pencernaan. Mereka juga mencegah pembentukan gas dalam saluran pencernaan.

Minyak Kunyit juga dapat meringankan sembelit dan menjaga kesehatan perut.

5. Dapat Menjaga Lingkungan
Minyak kunyit tidak hanya untuk melindungi diri sendiri, tetapi untuk melindungi lingkungan dan orang lain di sekitar Anda juga. Minyak Kunyit dapat membuat udara bersih. Cukup tambahkan beberapa tetes ke alat penguap, potpourris, atau bahkan diffusers untuk membunuh mikroorganisme yang ada di udara dan menjaga lingkungan Anda sehat.

(Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Keju Lembut)

6. Bisa Sembuhkan Jerawat
Sifat antiseptik minyak Kunyit dapat membantu mengobati jerawat. Penerapan minyak kunyit di wajah dapat mendetoksifikasi kulit wajah dan membuatnya jauh lebih bersih.

Cukup terapkan minyak di seluruh wajah Anda dan pijat dengan lembut, kemudian cuci bersih dengan sabun setelah tiga puluh menit. Ini tidak hanya menghilangkan kotoran tetapi juga meremajakan kulit Anda.

7. Menyehatkan Kulit Kepala
Minyak Kunyit dapat menjaga kulit kepala Anda sehat dan juga mengobati masalah umum seperti ketombe. Ambil beberapa tetes minyak kunyit dan pijat lembut kulit kepala Anda. Diamkan selama sekitar lima belas menit kemudian keramas seperti biasa.

8. Memberi Bantuan Ketika Terkilir
Terkilir bisa sangat menyakitkan. Sebuah pijatan lembut dengan minyak kunyit bisa mengobati keseleo dan menghilangkan rasa sakit.

Bahkan penggunaan rutin kunyit dapat menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan pada tingkat optimal. Jadi apa yang Anda tunggu?