Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 21 Desember 2014

8 Cara Menyembuhkan Sembelit dengan Bahan Alami


KaBeIn, Sembelit adalah gangguan pencernaan yang mempengaruhi orang disegala usia. Sembelit menyebabkan kesulitan buang air besar. Orang dengan sembelit akan merasa tersiksa ketika mereka buang air besar.

Gejala lainnya adalah perut kembung, bentuk kotoran yang tidak normal, keasaman, kehilangan nafsu makan, bau mulut, sakit kepala, depresi, jerawat, dan sariawan.

Sembeli disebabkan oleh pola makan yang buruk, asupan air yang tidak mencukupi, kebiasaan membuang air besar tidak teratur, kurangnya aktivitas fisik, otot perut lemah, wasir, stres, asupan obat-obatan tertentu, dan penyalahgunaan pencahar.


Berikut ini cara alami untuk mengobati sembelit.

1. Lemon
Lemon atau jus lemon dapat mengobati sembelit karena merangsang sistem pencernaan.

Ekstrak air dari setengah lemon dan menambahkannya ke segelas air hangat. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam dan sedikit madu untuk ini.

Minum di pagi hari pada waktu perut kosong. Anda juga bisa minum ini di malam hari. Ikuti obat ini setiap hari dalam beberapa hari.

2. Buah ara
Ara sangat tinggi akan serat dan bertindak sebagai pencahar alami. Mereka yang menderita sembelit kronis harus mencakup buah ara dalam diet mereka. Untuk pengobatan sembelit, baik buah ara segar maupun kering dapat digunakan.

- Ambil 2-3 almond dan buah ara kering.
- Rendam dalam air selama beberapa jam.
- Kupas almond dan giling bersama ara.
- Konsumsi pasta ini dengan satu sendok madu di malam hari.

3. Minyak jarak
Minyak jarak akan merangsang usus kecil dan besar dan meningkatkan gerakan usus. Cukup menelan 1-2 sendok teh minyak jarak pada waktu perut kosong. Untuk meningkatkan rasa, Anda bisa mengambilnya dengan jus buah.

(Baca Juga: Cara Aman Mengobati Infeksi Telinga)

4. Madu
Madu sangat bermanfaat dalam mengurangi sembelit karena bertindak sebagai pencahar ringan. Anda dapat memilikinya setiap hari untuk mencegah serta mengobati sembelit.

- Mengkonsumsi dua sendok teh madu tiga kali sehari.
- Anda juga dapat mencampur masing-masing satu sendok makan madu dan jus lemon dalam segelas air hangat. Minum setiap pagi saat perut kosong.

5. Flaxseed/Biji Rami
Biji rami memiliki banyak sifat obat dan kandungan serat dan asam lemak omega-3. Biji rami juga memiliki properti pencahar, yang sangat berguna dalam menyembuhkan sembelit ringan maupun serius.

Campurkan satu sendok makan biji rami dalam segelas air dan beristirahatlah selama dua sampai tiga jam. Minum air ini sebelum tidur. Di pagi hari, buang air besar akan jauh lebih baik.

6. Anggur
Anggur mengandung serat larut yang membantu menghasilkan gerakan usus yang teratur.

 Makan semangkuk kecil anggur atau setengah gelas jus anggur segar setiap hari.

7. Bayam
Bayam benar-benar baik untuk saluran pencernaan, terutama ketika Anda menderita sembelit.

- Untuk menghilangkan sembelit, Anda harus menyertakan bayam dalam diet Anda. Anda dapat memakannya baik mentah atau dimasak, tergantung pada bagaimana Anda menyukainya.

- Jika Anda mengalami sembelit parah, minum campuran satu setengah gelas jus bayam mentah dan setengah gelas air, dua kali sehari. Dalam beberapa hari, Anda akan meraskan perubahan.

8. Air dan Serat
Penyebab sembelit yang paling sering adalah kurangnya serat dalam makanan. Serat adalah jenis bahan yang mengikat air dalam usus. Ini akan menambah volume tinja dan air akan melunakkan tinja.

Sangat penting untuk makan makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan, kentang, wortel, beras merah, plum, bibit gandum, buah-buahan segar, sayuran berdaun hijau, semua jenis kacang-kacangan, biji labu, biji bunga matahari, brokoli, kacang polong, dan sebagainya. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen serat.

Dan juga, ketika menderita sembelit, sangat penting untuk minum cukup cairan. Pastikan untuk minum sekitar delapan sampai 10 gelas air setiap hari.