Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 02 Desember 2014

7 Tanaman Sumber Kalsium Bagi Vegetarian


KaBeIn, Bukan rahasia lagi kalau mengganti makan daging, makanan olahan ke makanan nabati dapat menyehatkan secara keseluruhan. Bahkan dalam studi The China Study, studi terbesar tentang gizi yang pernah dilakukan yang melibatkan ribuan orang lebih dari 60 negara, menyimpulkan mereka yang menikmati pola makan nabati akan hidup lebih lama, tidak gampang sakit, dan tidak mengalami penyakit kronis. (sumber:mindbodygreen.com)

Namun, bagi kebanyakan orang yang beralih ke gaya hidup diet yang baru, satu pertanyaan yang biasanya muncul adalah apakah dengan menjalani pola makan nabati masih memiliki tingkat vitamin dan mineral yang tinggu? Khususnya kalsium, tampaknya menarik bagi banyak orang. Nah, yakinlah bahwa ketika Anda beralih diet nabati, Anda tidak perlu khawatir tentang kalsium.

Berikut ini 7 tanaman untuk kebutuhan kalsium tubuh Anda, kami lansir dari laman news.therawfoodworld.com

1. Biji wijen
Biji wijen ini adalah salah satu sumber terkaya kalsium nabati. Wijen juga mudah dimasukkan dalam menu diet. Cukup taburkan biji wijen pada sayuran, salad, sushi gulung dan di mana pun Anda inginkan!

2. Biji Chia
Biji ini kecil, renyah, tidak hanya tinggi kalsium, tetapi juga kaya akan zat besi dan magnesium. Seperti biji wijen, Biji Chia juga dapat ditaburkan diatas berbagai makanan.

3. Kacang Chickpeas
Kacang Chickpeas bisa ditambahkan kedalam berbagai makanan, Dalam satu cangkir kacang chickpeas (disebut juga kacang garbanzo) mengandung 80 mg kalsium, 276 mg fosfor dan 79 mg magnesium.

4. Kale
Ah, kale memang populer! Tanaman berdaun hijaun ini kaya kalsium, dan dapat dinikmati dalam segala hal, dari salad sampai smoothie.

5. Bok Choy

Bok Choy, Sawi China atau Chinese Cabbage  (Brassica Chinensis)
Deana Ferreri, Ph.D, yang memperoleh gelar sarjana di Cardiovascular Sciences dari Albany Medical College dan bekerja di Gizi Institut Pendidikan, menjelaskan bahwa bok choy adalah salah satu makanan yang paling bernutrisi di dunia.

6. Almond
Almond juga sumber kalsium yang baik. Untuk benar-benar mengaktifkan nutrisinya, yakni dengan merendam almond mentah semalaman sebelum dimakan, karena hal ini membantu meningkatkan penyerapan nutrisi meningkat

(Baca Juga: Cara Mengobati Stress dengan Hewan Peliharaan)

7. Santan/Susu kelapa
Sebuah alternatif yang bagus untuk susu tradisional, santan menyediakan tubuh dengan kalsium dan elektrolit untuk menjaga tubuh kuat.

Selain diatas, masih banyak makanan nabati yang memberikan kalsium, sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan cukup asupan mineral yang bermanfaat ini.