Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 08 Desember 2014

7 Cara Mengobati Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami


KaBeIn, Hidung tersumbat terjadi ketika ada pembengkakan di rongga hidung, yang mengarah ke penumpukan lendir. Akibatnya, menjadi sulit untuk bernapas normal. Ini adalah gejala yang sering dikaitkan dengan pilek, flu, dan reaksi alergi.

Hidung tersumbat bisa sangat mengganggu, sehingga perlu untuk segera mengobatinya sebelum menyebabkan masalah lain, seperti infeksi telinga, tidur gelisah dan sebagainya.

Berikut ini 7 cara alamii untuk mengatasi hidung tersumbat.

1. Bawang putih
Bawang putih adalah pengobatan alami terbaik untuk mengurangi hidung tersumbat. Sifat antivirus dan antijamurnya membantu melawan infeksi yang menyebabkan kemacetan pernapasan.

- Rebus dua sampai tiga siung bawang putih dalam satu cangkir air. Anda juga dapat mencampur satu setengah sendok teh bubuk kunyit. Minum setiap hari sampai membersihkan kemacetan.
-  Memakan siung bawang putih segar juga dapat membantu meringankan hidung tersumbat dan ketidaknyamanan.


2. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dapat dengan cepat membersihkan hidung tersumbat karena membantu menipiskan lendir. Cuka sari apael juga kaya akan nutrisi penting.

- Campur dua sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu dalam secangkir air hangat.
- Minum ini dua atau tiga kali sehari setidaknya untuk beberapa hari.

3. Menghirup Uap
Terapi menghirup uang adalah obat alami lain yang populer memberi bantuan instan dari hidung tersumbat. Ia bekerja sebagai ekspektoran alami untuk membersihkan kemacetan dan juga melumasi saluran pernapasan. Anda dapat melakukan ini dua sampai empat kali sehari.

Tambahkan satu sendok makan biji karambol hancur (ajwain) ke air mendidih dan hirup uapnya. Hati-hati melakukan hal ini karena air mendidih.
Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint ke air mendidih dan menghirup uapnya.

Catatan: Menghirup uap umumnya tidak dianjurkan untuk anak-anak karena risiko air mendidih. Juga, mungkin tidak cocok untuk wanita hamil, dan orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi, kondisi jantung atau gangguan sistem saraf pusat.

4. Minyak kayu putih.
Minyak kayu putih sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita hidung tersumbat, berkat dekongestan dan sifat anti-inflamasinya.

Simpel saja, teteskan satu atau dua minyak esensial kayu putih di saputangan bersih dan hirup  aromanya. Lakukan ini beberapa kali sehari.

Anda juga bisa menggunakan minyak esensial kayu putih di bantal Anda sehingga bisa mendapatkan manfaat dari minyak ini bahkan ketika Anda sedang tidur nyenyak.

5. Teh Herbal
Teh herbal panas dapat membantu mengencerkan lendir yang menyumbat hidung Anda. Tumbuh-tumbuhan dalam teh herbal juga akan membantu menghilangkan racun dari tubuh, memberikan Anda keuntungan ganda.

Cukup minum secangkir teh panas herbal pilihan Anda beberapa kali sehari sampai kemacetan menghilang.

(Baca Juga: Cara mengobati Mata Gatal)

6. Black Pepper
Lada hitam dapat sangat bermanfaat untuk menghilangkan hidung tersumbat dan masalah sinus. Ini akan mendorong Anda mendapatkan bersin sehingga menyingkirkan lendir dan alergen di sinus Anda.

- Ambil lada hitam sedikit di telapak tangan Anda dan menambahkan tiga tetes minyak wijen di dalamnya.
- Celupkan jari Anda dalam campuran dan menerapkannya di bawah hidung Anda.
- Hirup aroma yang kuat. Ini mungkin membuat Anda bersin, jadi jangan menekannya.
- Ulangi sesuai kebutuhan

7. Fenugreek
Fenugreek adalah bahan alami yang sangat baik untuk mengobati hidung tersumbat berkat sifat anti-inflamasinya. Fenugreek juga membantu membersihkan selaput lendir. Panas dan kelembaban dari teh fenugreek akan membantu mengencerkan lendir.

- Campurkan satu atau dua sendok teh bubuk biji fenugreek dalam segelas air. Kemudian rebus.
- Saring dan minum selagi hangat.- Ulangi dua atau tiga kali sehari sampai Anda sembuh.

Catatan: Jangan konsumsi fenugreek selama kehamilan karena dapat merangsang kontraksi rahim.

Jika Anda tidak mendapatkan kesembuhan dari hidung tersumbat setelah mengikuti salah satu pengobatan diatas, hubungi dokter Anda.(top10homeremedies)