Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 22 Desember 2014

7 Cara Basmi Kutu Kepala (Kutu Rambut) dengan Bahan Alami


KaBeIn, Kutu rambut atau kutu kepala adalah parasit kecil yang hidup di kulit kepala dan pangkal rambut di mana mereka memakan darah. Ini bisa terjadi pada siapa saja, meskipun kebanyakan dialami oleh anak-anak.

Kutu bisa menular dari orang ke orang melalui bermain, saat sekolah, olahraga, menginap berama-sama, mengenakan pakaian dari seseorang yang memiliki parasit; berbagi barang-barang perawatan pribadi seperti sikat dan sisir yang terkontaminasi. Juga bisa melalui kasur bekas orang yang membawa kutu kepala.

Dua dari tanda-tanda yang paling umum dari kutu kepala adalah gatal di kepala dan benjolan merah di kulit kepala.

Ketika telah berkembang biak dengan cepat, sangat sulit untuk menghilangkan parasit kutu dalam beberapa hari. Menyisir memang bisa menyingkirkan kutu, tetapi ini membutuhkan proses yang panjang dan melelahkan.


Ada beberapa pengobatan rumahan yang lebih efektif mengatasi masalah ini. Berikut ini solusi alami untuk mengatasi kutu rambut atau kutu kepala

1. Bawang putih
Aroma yang kuat dari bawang putih bisa membuat kutu mati lemas, yang akhirnya membunuh mereka.

Haluskan delapan sampai 10 siung bawang putih menjadi pasta dan campurkan dalam dua sampai tiga sendok teh air jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut secara menyeluruh ke kulit kepala. Biarkan selama setengah jam dan kemudian bilas rambut dengan air hangat.

2. Baby Oil
Anda juga bisa menggunakan minyak bayi untuk mengatasi kutu kepala.

Oleskan sedikit minyak bayi pada rambut Anda dan kemudian sisir rambut Anda perlahan-lahan sampai kutu berjatuhan dari kepala Anda. Kemudian cuci rambut deterjen dan air hangat.

Sebelum tidur, menaruh beberapa cuka putih pada rambut Anda dan menutupi kepala dengan shower cap atau handuk. Biarkan semalam. Di pagi hari, cuci rambut dengan sampo biasa dan kemudian menerapkan beberapa kondisioner.

Ulangi proses ini untuk setidaknya tiga sampai empat hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun efektif dalam membunuh kutu.

Terapkan minyak zaitun pada rambut Anda sebelum tidur. Tempatkan topi mandi atau handuk di kepala Anda untuk menjaga minyak pada rambut Anda semalaman. Di pagi hari, sisir rambut Anda dan kemudian mencuci rambut Anda dengan beberapa shampoo herbal yang mengandung minyak pohon teh.

Pilihan lainnya dengan mencampur setengah cangkir minyak zaitun dengan satu-setengah cangkir kondisioner dan menambahkan beberapa sabun cair. Terapkan ini ke rambut Anda dan biarkan selama satu jam. Kemudian, bilas rambut Anda dan aplikasikan kondisioner. Sisir rambut Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan kutu mati. Ulangi obat ini lagi setelah seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Garam
Garam juga dapat digunakan untuk membasmi kutu kepala.

Campur seperempat cangkir garam dan seperempat cangkir cuka secara menyeluruh.
Semprot ke rambut Anda hingga rambuut menjadi sedikit basah. Pakai topi mandi dan biarkan selama sekitar dua jam. Kemudian cuci rambut Anda. Ulangi ini setiap tiga hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(Baca Juga: Pengobatan Alami untuk Atasi Sembelit)

5. Petroleum Jelly
Petroleum jelly dapat memiliki efek menyesakkan pada kutu.

- Oleskan lapisan tebal petroleum jelly ke kulit kepala sebelum tidur.
- Tutup kepala Anda dengan shower cap atau handuk. Biarkan semalaman.
- Di pagi hari, gunakan baby oil untuk menghapus petroleum jelly.
- Sisir rambut Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan kutu.
- Ulangi ini beberapa malam berturut-turut.

6. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh adalah insektisida alami, sehingga ini adalah pengobatan yang efektif untuk kutu.

- Campur satu sendok teh minyak pohon teh, satu ons sampo alami dan tiga sendok makan kelapa atau minyak zaitun.
- Terapkan ke seluruh rambut Anda dan menutupi kepala dengan shower cap atau handuk. Biarkan kepala Anda tertutup sampai setengah jam dan kemudian bilas dengan air hangat.
- Terakhir, sisir rambut Anda saat masih basah untuk menghilangkan kutu mati.

Catatan: Jangan oleskan minyak pohon teh langsung ke kulit kepala.

7. Minyak Kelapa
Anda juga bisa mencoba menggunakan minyak kelapa untuk membasmi kutu kepala.

- Pertama, bilas rambut Anda secara menyeluruh dengan cuka sari apel dan biarkan hingga kering.
- Kemudian oleskan merata minyak kelapa keseluruh rambut dan kulit kepala. Tutup kepala dengan shower cap atau handuk dan biarkan selama enam sampai delapan jam atau semalaman.
- Di pagi hari, sisir rambut Anda dan kemudian keramas seperti biasa.

Ulangi ini setiap hari selama seminggu untuk membasmi kutu. Agar lebih efektif, tambahkan beberapa tetes minyak adas dengan minyak kelapa sebelum aplikasi.