Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 10 Desember 2014

7 Cara Alami Mengatasi Ketombe yang Membandel


KaBeIn, Ketombe, juga dikenal sebagai dermatitis seboroik adalah gangguan kulit kepala yang umum. Hal ini dapat terjadi karena kulit kering, kulit berminyak iritasi, pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala, kondisi kulit inflamasi dan faktor-faktor seperti lainnya. Hal ini menyebabkan gatal bersama dengan pembentukan berlebihan serpihan kulit kering pada kulit kepala.

Ketombe dapat dikontrol dengan mengikuti rutinitas perawatan rambut sehat. Namun, Anda tidak perlu melakukan perawatan mahal untuk menghilangkan ketombe membandel. Ada cara alami dan aman untuk mengusir ketombe dari kepala Anda.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa membantu menghilangkan ketombe karena mempunyai sifat anti-jamur. Minyak kelapa juga melembabkan kulit kepala kering dan memberikan bantuan dari gatal.

-  Ambil sedikit minyak kelapa dan campuran setengah jumlah jus lemon di dalamnya.
-  Gosokkan pada kulit kepala Anda dan pijat selama beberapa menit.
-  Cuci rambut Anda setelah setidaknya 20 menit.
-  Lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

2. Apple Cider Vinegar / Cuka Sari Apel
Perawatan kulit kepala dengan cuka sari apel efektif dalam menyingkirkan ketombe. Ini mengembalikan keseimbangan pH kulit kepala, sehingga menghambat pertumbuhan ragi.

- Ambil dua sendok makan cuka sari apel.
- Tambahkan jumlah yang sama air dan 15-20 tetes minyak pohon teh di dalamnya.
- Oleskan ke kulit kepala Anda dan pijat. Bilas rambut Anda setelah beberapa menit.
- Ikuti pengobatan alami ini dua kali atau tiga kali seminggu.


3. Baking Soda
Baking soda dapat membantu mengurangi jamur aktif yang menyebabkan ketombe. Dengan penggunaan berulang, juga membantu memulihkan produksi minyak alami yang menjaga kulit kepala Anda dari menjadi kering dan bersisik.

Basahi rambut Anda dan gosok beberapa baking soda ke kulit kepala. Setelah beberapa waktu, bilas rambut dengan air. Untuk sementara jangan keramas rambut Anda selama pengobatan ini.

 Atau Anda dapat menambahkan beberapa baking soda pada sampo Anda ketika Anda mencuci rambut Anda.

4. Cuka Putih
Cuka memiliki asam asetat yang mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada kulit kepala Anda.

- Campurkan satu bagian cuka dengan air tiga bagian. Gunakan campuran untuk mencuci rambut Anda dan kemudian bilas dengan air.

- Anda juga dapat menerapkan cuka langsung ke rambut Anda, bungkus dengan handuk dan biarkan semalam. Di pagi hari, cuci rambut Anda.

5. Minyak Zaitun
Kulit kepala kering dapat disembuhkan dengan penggunaan secara rutin minyak zaitun extra virgin (minyak zaitun), pelembab alami yang efektif.

- Cukup panaskan minyak zaitun extra virgin sampai sedikit hangat. Pijat ke kulit kepala Anda dan kemudian bungkus rambut Anda dengan handuk selama setengah jam.
- Sikat rambut Anda secara menyeluruh untuk menghilangkan serpihan kering dan kemudian mencuci rambut Anda.

(Baca Juga: Cara Mengatas Bau Mulut dengan Mudah Secara Alami)

6. Aloe Vera
Aloe vera memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu memerangi ketombe.

- Oleskan jus lidah buaya segar atau gel lidah buaya untuk rambut beberapa menit sebelum mandi. Kemudian cuci rambut dengan sampo ringan. Ulangi obat ini setidaknya dua kali sehari.

7. Aspirin
Aspirin mengandung asam asetilsalisilat yang dapat membantu mengontrol ketombe.

- Lembutkan dua aspirin sampai menjadi bubuk halus dan mencampurnya dengan shampo dalam jumlah sama banyak. Cuci rambut Anda dengan campuran ini, pijat ke kulit kepala Anda. Biarkan dalam beberapa menit dan kemudian bilas rambut Anda.

Atau, Lembutkan tiga aspirin dan melarutkannya  dalam satu sendok makan cuka. Pijat campuran ke dalam kulit kepala Anda. Biarkan selama setengah jam dan kemudian cuci rambut Anda secara menyeluruh.

Sama seperti aspirin, Listerine juga dapat digunakan untuk mengobati ketombe akibat alkohol dan kandungan minyak herbal. Cukup gunakan Listerine untuk bilas rambut Anda sekali dalam seminggu.