Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 08 Desember 2014

7 Cara Alami Mengatasi Keracunan Makanan


KaBeIn, Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami keracunan makanan pada satu waktu. Keracunan makanan disebabkan oleh bakteri atau racun lainnya dalam makanan. Beberapa gejala seperti mual, muntah, sakit kepala, pusing, perut kram dan diare. Keracunan makanan tidak boleh diabaikan.

Ketika Anda menderita keracunan makanan, tubuh Anda akan kehilangan lebih banyak air dari biasanya. Jadi cobalah untuk tetap cukup air dengan minum setidaknya delapan gelas air sepanjang hari. Air akan membantu menghilangkan racun dan bakteri yang menyebabkan gejala.

Berikut adalah cara alami untuk mengatasi keracunan makanan. Selain itu, lakukan konsultasi dengan dokter Anda, terutama jika Anda memiliki diare berat, muntah, pusing, atau gejala dehidrasi.

1. Jahe
Jahe adalah obat alami yang sangat baik untuk menyembuhkan hampir semua jenis masalah pencernaan yang terkait dengan keracunan makanan.

- Anda dapat minum satu cangkir teh jahe setelah makan siang atau makan malam untuk menghentikan mual dan gejala lain yang terkait dengan keracunan makanan. Untuk membuat teh jahe, rebus satu sendok teh jahe parut dalam secangkir air selama beberapa menit, tambahkan gula dan teh pun sia diminum.

- Tambahkan beberapa tetes jus jahe dengan satu sendok teh madu dan menelannya beberapa kali sehari untuk mengurangi peradangan dan nyeri.

- Makan jahe mentah akan meningkatkan kadar asam dalam perut Anda, yang akan membantu Anda mencerna makanan lebih cepat.

2. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel dapat meringankan berbagai gejala keracunan makanan. Menenangkan lapisan saluran pencernaan dan membunuh bakteri, memberikan Anda bantuan instan.

Cukup campur dua sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air panas dan minum sebelum makan makanan untuk mencegah gangguan pencernaan asam. Atau Anda dapat minum dua sendok makan cuka sari apel murni secara langsung.

3. Lemon
Anti-inflamasi, antivirus, dan sifat antibakteri dalam lemon dapat memberikan banyak manfaat. Asam dalam lemon membantu membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

Cukup tambahkan sejumput gula dan satu sendok teh jus lemon dan minum dua sampai tiga kali sehari.  Anda juga dapat menghirup air hangat dengan jus lemon untuk membersihkan sistem Anda.

4. Bawang putih
Bawang putih juga sangat efektif dalam memerangi keracunan makanan karena mempunyai sifat antivirus, antibakteri dan antijamur yang kuat.

Makan satu siung bawang putih segar, telan dengan air. Jika Anda kuat akan bau bawang putih, Anda juga dapat mencoba jus bawang putih.

5. Pisang
Pisang merupakan sumber kaya kalium yang sangat membantu mengurangi berbagai efek keracunan makanan. Karena pisang sangat lembut, mereka aman pada perut. Cukup dengan makan satu pisang akan membantu mengembalikan tingkat energi Anda. Anda bisa makan pisang matang atau membuat shake pisang lezat dan sehat dan minum dua sampai tiga kali sehari.

(Baca Juga: Cara Mengobati Batuk dengan Bahan Alami)

6. Jinten
Biji jintan dapat mengendalikan peradangan lambung akibat keracunan makanan.

Cukup gunakan satu sendok makan biji jintan halus dan menelannya, kemudian minum segelas air.

Anda juga dapat membuat minuman herbal dari biji jintan, garam, dan asafetida. Minum 2-3 kali sehari. Ini akan membersihkan sistem dan meredakan gejala.

7. Madu
Madu memiliki kedua sifat antijamur dan antibakteri yang dapat efektif untuk mengobati gangguan pencernaan dan gejala keracunan makanan lainnya. Madu sebagai obat alami dapat diambil dalam bentuk murni atau ditambahkan ke teh. Satu sendok teh madu tiga kali sehari dapat menyembuhkan sakit perut karena keracunan makanan dan gangguan pencernaan lainnya. Ini juga akan mengontrol pembentukan asam yang berlebih di perut.

Demikian perawatan alami untuk mengurangi gejala keracunan makanan dan membantu Anda mendapatkan bantuan instan. Namun, jika gejala berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter Anda. (kredit:top10homeremedies.com)