Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 26 Desember 2014

6 Solusi Alami Kehilangan Nafsu Makan


KaBeIn, Selain karena stress dan depresi, beberapa masalah medis juga dapat menyebabkan kehilangan nafsu makan, sepertik infeksi virus atau bakteri, hipotiroidisme, penyakit hati kronis, hepatitis, gagal ginjal, gagal jantung, demensia, dan lain-lain.

Memang di toko obat sekarang sudah banyak tersedia obat untuk menambah nafsu makan, tapi lebih amannya lagi, Anda bisa mencoba menaikkan kembali gairah makan dengan menggunakan cara alami.


Berikut ini beberapa cara alami untuk meningkatkan kembali nafsu makan Anda, seperti dilansir dari laman Home Remedies

1. Gooseberry India
Gooseberry India atau amla dapat membantu meningkatkan nafsu makan yang disebabkan masalah gastrointestinal. Gooseberry  akan bekerja sebagai tonik dalam sistem GI, meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan detoksifikasi hati. Ketika dikombinasikan dengan madu, juga mengurangi mual dan muntah.

Campur dua sendok teh masing-masing jus gooseberry India, jus lemon dan madu dalam secangkir air. Minum setiap hari di pagi hari pada waktu perut kosong, setidaknya selama tiga sampai empat bulan.

2. Jahe
Jahe sangat baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan merangsang nafsu makan. Selain itu, jahe juga sangat bagus untuk mengurangi sakit perut.

Buatlah teh jahe dengan memotong satu inci jahe kering menjadi potongan-potongan kecil dan rebus dalam dua gelas air. Campurkan juga beberapa susu dan gula sesuai selera Anda. Anda dapat minum ini beberapa kali sehari.

3. Kapulaga
Kapulaga, atau elaichi Choti, bekerja sebagai tonik pencernaan. Hal ini baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan, perut kembung dan keasaman, dan meningkatkan nafsu makan dengan merangsang sekresi cairan pencernaan. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup tambahkan biji kapulaga atau buah kapulaga kedalam teh biasa.

4. Bibit Carom
Biji Carom, juga dikenal sebagai ajwain, baik untuk sistem pencernaan. Mereka membantu meningkatkan nafsu makan dan mengobati masalah seperti gangguan pencernaan dan perut kembung dengan meningkatkan sekresi asam pencernaan dan enzim.

Anda cukup mengunyah satu-setengah sendok teh biji Carom setengah jam sebelum makan.

5. Akar Dandelion
Akar dandelion dikenal dapat memperlancar pencernaan dan mengatur nafsu makan. Hal ini juga membantu mengobati masalah hati dan kandung empedu.

Siapkan teh akar dandelion dengan merebus bubuk akar dandelion dalam secangkir air selama sekitar lima menit. Anda juga dapat menambahkan kayu manis. Saring teh. Anda dapat mempermanis dengan madu sebelum meminumnya.

6. Bawang putih
Bawang putih dianggap sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati kehilangan nafsu makan karena merangsang sistem pencernaan.

- Rebus 3-4 siung bawang putih dalam secangkir air.
- Saring dan tambahkan jus dari setengah lemon ke dalamnya.
- Minum dua kali sehari ini sampai Anda melihat peningkatan