Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 22 Desember 2014

6 Pengobatan Alami untuk Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)


KaBeIn, Tekanan darah rendah atau hipotensi, adalah suatu kondisi dimana tekanan darah seseorang menjadi begitu rendah sehingga menyebabkan gejala seperti pusing, pingsan, kelelahan, mual, sesak napas, penglihatan kabur, jantung berdebar, kulit lembab dan dingin.

Orang dianggap memiliki tekanan darah randah apabila tekanan terbaca sekitar 90/60 mm Hg atau lebih rendah.

Ketika tekanan darah sangat rendah, dapat menyebabkan aliran darah tidak memadai ke organ-organ seperti otak, ginjal, dan hati.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh dehidrasi, kelamaan istirahat di tempat tidur, kekurangan gizi, penurunan volume darah, gangguan jantung, kehamilan, gangguan endokrin, dan kondisi neurologis.

Ketika berhadapan dengan tekanan darah rendah, biasanya disarankan untuk meningkatkan garam dan asupan cairan. Sebelum meningkatkan konsumsi garam Anda, lakukan cek dengan dokter Anda. Juga, kurangi minuman beralkohol dan makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, nasi, pasta, dan kentang.


Perawatan yang tepat untuk kondisi ini tergantung pada penyebab yang tepat, tapi Anda dapat mencoba beberapa pengobatan alami sederhana berikut ini untuk mengurangi gejala.

Berikut ini pengobatan alami untuk tekanan darah rendah.

1. Air Garam
Air garam membantu mengobati tekanan darah rendah karena sodium dalam garam meningkatkan tekanan darah. Tapi ingat untuk tidak berlebihan dalam obat ini, karena kelebihan garam bisa menjadi tidak sehat. Cukup campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air dan meminumnya. Anda juga bisa minum minuman olahraga.

2. Kopi
Memiliki secangkir kopi yang kuat, cokelat panas, cola, minuman berkafein bisa juga meningkatkan tekanan darah Anda untuk sementara. Jika Anda sering menderita tekanan darah rendah, minum secangkir kopi di pagi hari atau mengkonsumsinya bersama dengan makanan, terutama ketika berhadapan dengan hipotensi ortostatik. Tapi, jangan dibiasakan karena efek jangka panjang kafein masih tidak jelas.

3. Kismis
Kismis adalah obat Ayurvedic tradisional yang sangat baik untuk mengobati hipotensi alami.

- Rendam 30 sampai 40 kismis dalam secangkir air semalaman.
- Makan kismis rendaman di pagi hari, satu per satu, pada waktu perut kosong. Anda juga bisa minum air rendaman kismis
-  Ulangi ini selama beberapa minggu atau bahkan satu bulan.

Anda juga  dapat memakan sekitar 4-5 almond, 10 sampai 15 blackcurrant, dan 15 sampai 20 kacang bersama dengan segelas susu.

(Baca Juga: Cara Membasmi Kutu Kepala dengan Bahan Alami)

4. Kemangi
Kemangi bermanfaat untuk tekanan darah rendah karena kaya akan vitamin C, magnesium, kalium, dan asam pantotenat. Juga membantu menyeimbangkan pikiran dan mengurangi stres.

- Ekstrak jus dari 10 sampai 15 daun kemangi.
- Tambahkan satu sendok teh madu.
- Minum jus ini setiap hari pada waktu perut kosong.

Anda juga bisa mengunyah 4-5 daun kemangi sehari-hari di pagi hari.

5. Almond dan Susu
Ini adalah obat alami lainnya yang bermanfaat untuk tekanan darah rendah.

- Rendam 5-6 almond dalam air semalam.
- Di pagi hari, lepaskan kulit dan giling almond menjadi pasta halus.
- Terakhir, rebus pasta dalam secangkir susu. Minum setiap pagi.

6. Jus Wortel
Memulai hari Anda dengan jus wortel segar  yang dicampur dengan sedikit madu adalah cara mudah untuk mengobati tekanan darah rendah.

- Ambil segelas jus wortel.
- Campur dua sendok makan madu di dalamnya.
- Minum dua kali sehari pada waktu perut kosong di pagi hari dan di malam hari.