Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 13 Desember 2014

6 Pengobatan Alami untuk Kulit Coklat Karena Matahari


KaBeIn, Tidak seperti di negara-negara Barat di mana sebagian besar menyukai penampilan kecokelatan, orang di negara-negara Timur (Indonesia, Cina, Korea, dll) tidak menyukai tampilan seperti ini. Mereka menganggap kulit kecoklatan tidak menarik.

Saat musim panas, banyak orang mengeluh tentang kulit kecokelatan karena matahari. Sinar ultraviolet matahari meningkatkan produksi melanin dalam tubuh, yang menyebabkan kulit kecokelatan. Ketika kulit Anda coklat karena matahari, maka itu sulit untuk dikembalikan ke warna semula, tetapi dengan kesabaran dan perawatan yang tepat, Anda masih bisa mendapatkan kembali warna kulit normal Anda.

Berikut ini cara mengembalikan kulit kecoklatan karena paparan matahari, diambil dari laman Home Remedies.


1. Jus Lemon
Lemon sangat bagus untuk menyembuhkan kulit kecokelatan matahari karena sifat pemutihan alami.

- Anda cukup menerapkan beberapa jus lemon segar di daerah kulit yang terkena dan biarkan hingga kering sebelum mencucinya dengan air.

- Anda juga dapat menambahkan beberapa gula kedalam jus lemon dan menerapkannya pada kulit. Gula adalah bahan pembersih yang sangat baik. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu untuk hasil yang cepat.

2. Aloe Vera
Gel lidah buaya akan mencerahkan kulit dalam waktu seminggu, jika diterapkan setiap hari pada daerah yang terkena. Ini juga membantu membersihkan dan menyehatkan kulit.

- Terapkan gel lidah buaya segar pada daerah kulit yang terkena sebelum tidur.
- Di pagi hari, cuci kulit secara menyeluruh.

3. Kentang
Kentang mentah adalah obat yang sangat baik untuk kulit kecokelatan matahari. Mengandung banyak vitamin c sehingga bekerja sebagai pemutih alami. Hal ini juga membantu menenangkan kulit terbakar.

- Kupas kulit dari 2-3 kentang berukuran sedang, potong menjadi beberapa potongan dan menempatkan mereka dalam blender untuk membuat pasta.
- Oleskan pasta ini di seluruh daerah kulit yang terkena. Biarkan kering selama sekitar 30 menit dan kemudian mencucinya dengan air dingin.

4. Mentimun
Jus mentimun juga membantu mengurangi kecoklatan matahari. Vitamin C dalam mentimun juga akan membantu menjaga kelambaban kulit.

- Campur dua sendok makan jus mentimun segar dan satu sendok makan air jeruk nipis. Tambahkan sejumput kunyit juga. Campur dengan baik dan menerapkannya pada kulit yang terkena. Biarkan selama 30 menit dan kemudian mencucinya dengan air.
- Anda juga dapat menggosok irisan mentimun yang baru dipotong pada pada kulit Anda.

(Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Pinggang dengan Bahan Alami)

5. Susu
Susu atau krim susu juga dapat digunakan untuk mengobati kulit kecokelatan karena matahari.

Menempatkan sejumlah kecil susu dalam mangkuk dan tambahkan sejumput kunyit dan jus lemon. Oleskan larutan ini pada daerah yang terkena dan biarkan hingga benar-benar kering. Kemudian mencucinya dengan air. Ini akan memberi Anda bantuan instan dari kecokelatan matahari.

6.Cendana
Cendana adalah bahan yang umum dalam banyak produk kecantikan. Ini juga dapat digunakan untuk menghapus kulit kecoklatan matahari karena sifat-sifatnya sebagai pencerah kulit dan anti-penuaan.

Campur jumlah yang sama bubuk antara cendana dan bubuk kunyit murni. Tambahkan beberapa air mawar untuk membuat pasta tebal. Oleskan pasta pada daerah yang terkena dan biarkan selama 30 menit. Cuci dengan air dingin. Lakukan ini dua kali seminggu.