Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 21 Desember 2014

6 Cara Alami untuk Membersihkan Usus Besar


KaBeIn, Usus besar merupakan bagian dari sistem pencernaan, bertanggung jawab untuk mengekstraksi air, garam, vitamin dan nutrisi dari bahan makanan yang dicerna, pengolahan makanan yang tidak dicerna di usus halus dan menghilangkan limbah padat dari tubuh.

Namun, ketika tidak berfungsi dengan baik, usus besar malah menyerap racun, bukannya menghilangkan racun. Sehingga bisa menyebabkan berbagai masalah seperti sakit kepala, kembung, sembelit, gas, berat badan, kelelahan, dan penyakit kronis.

Masalah-masalah ini juga dapat disebabkan oleh makanan yang tidak tercerna (sebagian besar makanan yang kita makan saat ini sarat dengan aditif, pengawet dan bahan kimia lainnya) yang mengarah ke penumpukan lendir di usus besar, menghasilkan racun yang meracuni tubuh.

Namun dengan pembersihan usus, Anda dapat dengan mudah menyingkirkan racun berbahaya dan mempromosikan bakteri usus yang sehat. Ini juga akan meningkatkan energi dan penyerapan vitamin dan nutrisi untuk tubuh


Berikut adalah cara alami untuk membersihkan usus besar. Kami ambil dari laman Home Remedies

1. Air
Untuk pembersihan usus, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah minum banyak air. Minumlah setidaknya 10 sampai 12 gelas air dalam sehari. Konsumsi secara teratur air akan memberikan tubuh Anda cairan yang diperlukan untuk menghilangkan racun berbahaya dan limbah dari tubuh secara alami.

Air juga sangat penting untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Bersamaan dengan air, Anda juga bisa minum jus buah dan sayuran segar.

2. Jus Apel
Minum jus apel secara teratur mendorong gerakan usus, menyingkirkan racun dan meningkatkan kesehatan hati serta sistem pencernaan.

- Mulailah hari Anda dengan satu gelas jus apel tanpa disaring.
- Setelah 30 menit, minum satu gelas air.
- Ulangi rutin beberapa kali sepanjang hari selama tiga hari. Ketika mengikuti cara ini, disarankan untuk menghindari makanan padat

3. Flaxseed (Biji rami)
Flaxseed merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3, antioksidan dan serat alami, sehingga menambahkan biji rami untuk diet Anda merupakan cara yang bagus untuk membersihkan usus Anda. Selain itu, biji rami juga membantu mencegah kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Anda dapat menambahkan biji rami kedalam sereal, yoghurt, buah dan makanan sehat lainnya. Untuk hasil yang lebih cepat, tambahkan satu sendok makan biji rami ke segelas air dan minum 30 menit sebelum makan sarapan Anda dan sebelum tidur.

(Baca Juga: Cara Sembuhkan Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami)

4. Garam Laut.
Bahan lain yang efektif untuk membersihkan usus besar adalah garam laut, berkat sifat detoksifikasi nya.

- Campurkan satu sendok makan garam laut dalam segelas air minum dan didihkan.
- Minum larutan ini hangat atau dingin di pagi hari.
- Tunggu beberapa menit, kemudian berbaring dan pijat perut Anda ke daerah usus Anda dengan cara yang lembut. Ini akan merangsang pergerakan usus Anda dan membantu menghilangkan racun berbahaya, akumulasi kotoran, kotoran biasa, parasit dan bakteri dari saluran pencernaan.
- Lakukan ini sampai lima kali dalam sebulan.

Untuk menghindari diare selama metode ini, Anda harus minum banyak air dan jus segar sepanjang hari. Hindari konsumsi obat ini jika Anda menderita tekanan darah tinggi atau memiliki masalah jantung.

5. Jus Lemon
Lemon memiliki sifat antioksidan dan kandungan vitamin C yang tinggi baik untuk sistem pencernaan.

- Campur jus lemon, sedikit garam laut dan sedikit madu dalam segelas air hangat. Minum larutan ini pada waktu perut kosong di pagi hari. Ini akan membantu mendapatkan lebih banyak energi dan memperlancar buang air besar.

- Atau bisa dengan menambahkan dua sendok makan perasan jus lemon untuk segelas jus apel. Minum tiga atau empat kali sehari. Ini akan menipiskan mukosa usus.

Ikuti salah satu metode ini selama beberapa hari.

6. Makanan kaya serat
Mengonsumsi makanan kaya serat akan membantu membersihkan usus besar dari racun berbahaya. Makanan kaya serat juga akan membantu menyingkirkan masalah usus apapun.

Anda dapat menambahkan banyak serat dalam diet Anda dengan mengonsumsi buah-buahan segar seperti raspberry, pir dan apel, serta sayur-sayuran segar seperti artichoke, kacang polong dan brokoli. Sereal, biji-bijian dan kacang-kacangan juga mengandung jumlah serat yang cukup.