Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 04 Desember 2014

6 Cara Alami Menangani Kelelahan karena Panas (Heat Exhaustion)


KaBeIn, Heat Exhaustion (Kelelahan karena Panas) adalah suatu keadaan yang terjadi akibat terkena /terpapar panas selama berjam – jam, dimana hilangnya banyak cairan karena berkeringat menyebabkan kelelahan, tekanan darah rendah dan kadang pingsan. Jika tidak segera diatasi, Heat Exhaustion bisa menyebabkan Heat Stroke.

Ada cara alami untuk menangani orang yang kelelahan karena terpapar panas ini. Seperti yang kami ambil dari laman Stylecraze berikut ini:

1. Spons Basah
Cara terbaik untuk mengobati kelelahan karena panas adalah menyeka kulit dengan spons basah. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kipas tangan saat mengoleskan spons basah pada kulit Anda. Menyeka dengan spons basah pada tubuh Anda membantu untuk mendinginkannya dengan cepat dan efektif (sumber:webmd.com).

Kelelahan karena panas bisa berakibat fatal (Image: Shutterstock)
2. Kompres es
Kompres es biasanya digunakan untuk mengobati luka bakar dan pembengkakan. Namun, efek menenangkan dan pendinginan dari kompres es bisa dijadikan obat ideal untuk Heat Exhaustion. Terapkan kompres es pada daerah-daerah tertentu seperti pangkal paha, ketiak, punggung, dan leher dapat membantu meringankan kelelahan karena panas. Menyiram kaki atau kepala dengan air dapat membantu mendinginkan tubuh turun lebih cepat. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mandi dengan air dingin.

3. Minyak Peppermint
Minyak peppermint alami mendinginkan tubuh, dan memiliki efek yang sangat menenangkan. Oleskan beberapa tetes minyak peppermint pada bagian dalam pergelangan tangan dan bagian bawah kaki untuk membantu mengurangi efek kelelahan karena panas. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke segelas air dan semprotkan campuran pada tubuh.

4. Minum Air
Dehidrasi biasa terjadi pada penderita Heat Exhaustion. Minum banyak air jika Anda merasa lelah karena panas. Tapi jangan meneguknya, atau Anda mungkin muntah. Lebih baik mencoba untuk mengambil teguk demi seteguk dengan selang waktu.

(Baca Juga: Cara Mengobati Luka Tanpa Pergi Ke Dokter)

5. Air Garam
Ketika kita berkeringat, tubuh kehilangan mineral penting seperti sodium dan kalium bersama dengan keringat. Isi ulang mineral ini dengan menambahkan garam meja untuk secangkir air dingin dapat membantu Anda memerangi kelelahan karena panas dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

6. Air Kelapa
Salah satu solusi terbaik untuk kelelahan karena panas adalah air kelapa. Bagi orang yang tidak suka rasanya, Anda dapat menambahkan beberapa tetes air kelapa dalam air biasa (sumber:naturallivingmamma.com).

Cara Mencegah Heat Exhaustion (Kelelahan karena Panas)

Setelah kita tahu cara mengatasi Heat Exhaustion, sekarang kita membahas tentang cara mencegah agar kita tidak sampai mengalami Heat Exhaustion. Dan inilah cara mencegah kondisi ini:

-  Kenakan pakaian dengan warna terang dan longgar.
-  Gunakan tabir surya dan pelembab dengan SPF 30 atau lebih.
-  Tetap cukup kebutuhan cairan dalam tubuh. Dokter merekomendasikan setidaknya delapan gelas air atau jus buah setiap hari.
-  Sebisa mungkin menghindari kegiatan di luar ruangan.

Catatan Penting:

Jika Anda berhenti berkeringat, atau merasa tidak mampu untuk bergerak dan tidak bisa minum air, cari bantuan medis sesegera mungkin. Kelelahan karena panas bisa menjadi fatal, terutama bagi orang-orang diabetes dan orang dengan penyakit bawaan lainnya.