Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 23 Desember 2014

5 Pengobatan Alami untuk Penyakit TBC


KaBeIn, Tuberculosis, atau lebih populer dengan sebutan TBC adalah infeksi pernafasan yang sangat menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Meskipun menginfeksi lebih ke pernafasan, namun tuberkulosis juga dapat menginfeksi dan mempengaruhi organ-organ lain dalam tubuh karena infeksi dapat menyebar perlahan-lahan melalui kelenjar getah bening dan aliran darah.

Gejala TBC seperti kelelahan, batuk persisten (darah di lendir di stadium lanjut), sesak napas  penurunan berat badan, keringat malam, demam, dan sensasi nyeri di dada, ginjal, atau bagian belakang.

Jika TBC tidak diobati bisa berakibat fatal, karena menyebabkan kematian jaringan pada organ yang terinfeksi. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa TBC membunuh 1,4 juta orang dan telah menginfeksi 8,7 juta pada tahun 2011. perawatan medis yang tepat adalah suatu keharusan untuk kondisi ini.


Anda juga dapat menggunakan beberapa solusi alami sebagai pengobatan tambahan.

Berikut adalah solusi alami untuk tuberkulosis. Juga, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

1. Bawang putih
Bawang putih kaya akan asam sulfat yang akan membunuh kuman penyebab TBC. Bawang putih juga mengandung allicin dan ajoene, yang telah diketahui dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Sifat antibakteri dan efek meningkatkan kekebalan tubuh pada bawang putih sangat bermanfaat bagi pasien TBC. Bawang putih dapat dimakan mentah atau dimasak.

Campur satu setengah sendok teh bawang putih cincang, satu cangkir susu dan empat cangkir air. Rebus sampai berkurang menjadi seperempat dari volume. Minum ini tiga kali sehari.

Atau tambahkan 10 tetes jus bawang putih dalam segelas susu panas dan minum sebelum tidur. Jangan minum air setelah ini, karena dapat mengurangi efeknya.

2. Pisang
Pisang merupakan sumber nutrisi dan kalsium yang sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien TBC. Juga dapat membantu meringankan batuk dan demam.

- Ambil pisang matang, tumbuk dan campurkan satu cangkir air kelapa, satu-setengah cangkir yogurt, dan satu sendok teh madu. Konsumsi dua kali sehari.

-  Atau buatlah jus pisang mentah dan minum satu gelas setiap hari.

3. Gooseberry India (amla)
Gooseberry India juga dikenal sebagai amla, memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Berbagai nutrisi dalam amla memberikan energi dan meningkatkan kesehatan tubuh.

- Ambil 3 atau 4 biji amla dan ekstrak menjadi jus dengan bantuan juicer.
- Tambahkan satu sendok makan madu dan campurkan dengan baik.
- Minum setiap pagi dengan perut kosong.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah)

4. Jeruk
Jeruk memiliki banyak mineral dan senyawa penting. Jus jeruk akan memudahkan expectorations dan melindungi tubuh dari infeksi sekunder. Ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga.

Tambahkan sedikit garam dan satu sendok madu untuk segelas jus jeruk segar. Campur secara menyeluruh. Minum dua kali sehari ini, satu gelas di pagi hari dan satu lagi di malam hari.

5. Kenari
Kenari akan bertindak sebagai sumber kekuatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh penderita TBC. Berbagai nutrisi dalam kenari dapat mempercepat proses penyembuhan.
Campurkan dua sendok teh bubuk kenari dan satu sendok teh pasta bawang putih. Tambahkan satu sendok teh mentega dan campur bahan secara menyeluruh. Makan ini sekali sehari.