Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 10 Desember 2014

5 Pengobatan Alami untuk Penderita Diabetes


KaBeIn, Diabetes disebabkan karena kurangnya produksi insulin yang cukup untuk mengelola tingkat glukosa dalam darah Anda.

Meskipun tidak ada obat untuk diabetes, dengan tetap mengontrol kadar gula darah, Anda dapat benar-benar hidup normal. Ada berbagai solusi alami untuk diabetes yang akan membantu Anda mengontrol kadar gula darah Anda.

Berikut adalah pengobatan untuk diabetes, tentunya dengan bahan alami. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosa yang tepat dan pengobatan.
(sumber:top10homeremedies)

1. Pare
Pare dapat membantu mengendalikan diabetes karena efeknya yang dapat menurunkan glukosa darah. Membantu meningkatkan sekresi insulin pankreas dan mencegah resistensi insulin. Dengan demikian, pare bermanfaat bagi diabetes tipe 1 dan tipe 2. Namun, tidak dapat digunakan untuk sepenuhnya menggantikan pengobatan insulin.

Minumlah jus pare pada waktu perut kosong setiap pagi. Pertama gunakan 2-3 pare (buang bijinya) dan gunakan juicer untuk mengekstrak jus. Tambahkan air dan kemudian meminumnya. Ikuti perawatan ini setiap hari di pagi hari untuk setidaknya dua bulan.

Anda juga bisa memasukkan salah satu hidangan yang terbuat dari pare dalam menu diet Anda.

2. Cinnamon (kayu manis)
Bubuk kayu manis memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah dengan merangsang aktivitas insulin. Kayu manis berisi komponen bioaktif yang dapat mencegah dan melawan diabetes.

Beberapa percobaan telah menunjukkan bahwa hal ini dapat bekerja sebagai pilihan yang efektif untuk menurunkan kadar gula darah pada kasus diabetes tipe-2.

Campurkan satu-setengah sampai satu sendok teh kayu manis dalam secangkir air hangat. Minum setiap hari.

Atau Anda bisa merebus dua sampai empat batang kayu manis dalam satu cangkir air dan dinginkan  selama 20 menit. Minum setiap hari sampai Anda melihat perbaikan.

3. Fenugreek
Fenugreek adalah ramuan yang juga dapat digunakan untuk mengontrol diabetes, meningkatkan toleransi glukosa dan menurunkan kadar gula darah akibat aktivitas hipoglikemik nya.

Rendam dua sendok makan biji fenugreek dalam air semalam. Minum air bersama dengan benih di pagi hari pada waktu perut kosong. Ikuti obat ini tanpa henti selama beberapa bulan untuk menurunkan kadar glukosa Anda.

(Baca Juga: Manfaat Minyak Kunyit untuk Kesehatan)

4. Daun Mangga
Daun mangga halus dapat digunakan untuk mengobati diabetes dengan mengatur kadar insulin dalam darah. Juga dapat membantu meningkatkan profil lipid darah.

Rendam 10 sampai 15 daun mangga lembut dalam segelas air semalam. Di pagi hari, menyaring air dan minum pada waktu perut kosong.

Anda juga dapat mengeringkan daun di tempat teduh dan menggilingnya. Makan satu setengah sendok teh bubuk daun mangga dua kali sehari.

5. Daun Kari
Daun kari berguna dalam mencegah dan mengendalikan diabetes karena memiliki sifat anti-diabetes. Hal ini diyakini bahwa daun kari mengandung bahan yang mengurangi tingkat di mana pati dipecah menjadi glukosa pada penderita diabetes.

Jadi, Anda hanya cukup mengunyah sekitar 10 kari segar setiap hari di pagi hari. Untuk hasil terbaik, melanjutkan pengobatan ini selama tiga sampai empat bulan. Ini juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan obesitas.