Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 18 Desember 2014

5 Pengobatan Alami untuk Kaki Pegal


KaBeIn, Kaki pegal adalah salah satu penyakit yang paling umum, yang mempengaruhi orang-orang dari semua kelompok umur. Kaki pegal dapat terjadi di mana saja di kaki termasuk jari-jari kaki, tumit,  pergelangan kaki, dan dibeberapa titik lainnya.

Nyeri dapat disebabkan oleh beberapa alasan seperti usia tua, memakai sepatu yang tidak nyaman, berjalan berlebihan, berdiri di atas kaki Anda untuk jangka waktu yang lama, kekurangan mineral, kuku tumbuh ke dalam, dan diabetes atau kondisi kesehatan lainnya .

Ada banyak hal yang dapat Anda coba di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengurus kaki pegal secara alami.


Berikut ini cara alami untuk kaki pegal.

1. Air Hangat dan Dingin
Terapi air panas dan dingin efektif dalam mengobati nyeri kaki. Perlakuan panas akan meningkatkan aliran darah, dan pengobatan dingin akan mengurangi peradangan.

     Isi satu ember dengan air dingin dan ember lainnya dengan air hangat. Duduklah di kursi yang nyaman, celupkan kaki Anda dalam air hangat selama tiga menit dan kemudian melakukan hal yang sama dengan air dingin selama setidaknya 10 detik atau sampai satu menit. Ulangi seluruh proses dua atau tiga kali dan diakhiri dengan mandi kaki dengan air dingin.

2. Cuka
Cuka digunakan dalam berbagai pengobatan dan dapat membantu dengan rasa kaki pegal karena keseleo atau strain karena mengurangi peradangan.

     Isi bak mandi dengan air panas. Tambahkan dua sendok makan cuka di dalamnya. Anda juga dapat mencampur garam laut atau garam Epsom di dalamnya. Jika Anda tidak memilikinya, cukup menggunakan garam meja. Rendam kaki Anda di dalamnya selama sekitar 20 menit.

3. Garam Epsom
Garam Epsom garam dapat membantu menenangkan kaki Anda, memberikan Anda bantuan instan dari rasa pegal di kaki.

     Masukan 2-3 sendok makan garam Epsom dalam bak air hangat.
     Rendam kaki Anda dalam bak selama 10 sampai 15 menit.
     Garam dapat membuat kaki Anda kering, untuk itu terapkan beberapa pelembab setelah melakukan rendaman ini.

(Baca Juga: Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Nyeri Dada (Angina))

4. Es
Terapi es adalah cara yang baik untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada kaki. Menempatkan sejumlah kecil es hancur dalam kantong plastik kecil dan menggunakannya untuk memijat daerah yang terkena dalam gerakan melingkar. Anda juga dapat menggunakan kantong sayuran beku yang dibungkus dengan handuk tipis.

Suhu dingin sementara akan mematikan ujung saraf di daerah yang menyakitkan dan memberikan bantuan. Pembengkakan juga akan berkurang. Jangan gunakan kompres es selama lebih dari 10 menit pada suatu waktu.

5. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh sangat efektif dalam mengobati sakit kepala, nyeri sendi, jamur kuku dan juga nyeri kaki karena meningkatkan sirkulasi.

     Untuk bantuan cepat, pijat lembut kaki yang sakit dengan minyak cengkeh. Hal ini akan merangsang aliran darah dan mengendurkan otot. Anda dapat memijat kaki dan tumit dengan minyak cengkeh beberapa kali sehari.