Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 21 Desember 2014

5 Pengobatan Alami Menghilangkan Bintik-bintik di Wajah (Freckles)


KaBeIn, Bintik-bintik hitam atau coklat dengan ukuran berbeda bisa muncul dikulit, terutama pada wajah. Menurut American Association of Dermatologists (AAD), bintik-bintik seperti ini adalah tanda kerusakan kulit.

Beberapa penyebab umum bintik-bintik (untuk seterusnya kami sebut dengan Freckles) adalah karena terlalu banyak terkena paparan sinar matahari, genetika dan ketidakseimbangan hormon. Meskipun bintik-bintik bisa hadir di mana saja pada tubuh, mereka kebanyakan muncul pada daerah-daerah yang sering terkena sinar matahari.

Ada banyak perawatan kosmetik untuk menghilangkan Freckles, tetapi kebanyakan perawatan tersebut sangat mahal.

Jangan kawatir, Anda dapat dengan mudah menyingkirkan Freckles dengan mencoba beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah.


Berikut ini pengobatan alami menghilangkan Freckles, kami lansir dari laman Home Remedies.

1. Jus Lemon
Jus lemon adalah bahan yang sangat efektif untuk mengobati  freckles. Jus lemon memiliki sifat pencerah kulit yang akan memutihkan bintik-bintik gelap pada kulit Anda.

Terapkan jus lemon segar pada kulit yang terkena dan memijatnya dengan lembut. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan scrub lemon. Potong lemon menjadi dua dan taburi dengan setengah sendok teh gula di atasnya. Gosokkan dengan lembut ke kulit Anda selama beberapa menit dan cuci setelahnya. Lakukan ini sekali atau dua kali dalam seminggu secara teratur.

2. Madu
Madu sangat baik untuk memudar bintik-bintik karena mengandung enzim yang membantu meringankan pigmentasi kulit. Madu juga sangat bagus untuk moisurizing kulit Anda.

Campur madu dan sedikit air, panaskan dalam microwave. Oleskan pada daerah yang terkena dan diamkan selama beberapa menit. Terakhir bilas daerah secara menyeluruh dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari selama beberapa minggu.

3. Pepaya
Jus pepaya juga efektif untuk menyingkirkan bintik-bintik. Pepaya mengandung papain, sejenis enzim yang dapat membantu meringankan bintik-bintik.

Terapkan jus pepaya segar langsung pada bintik-bintik menggunakan bola kapas dan pijat-pijat dengan lembut.
Setelah 10 menit, bilas kulit dengan air dingin.
Lakukan ini sekali sehari selama setidaknya beberapa minggu atau sampai Anda puas dengan hasilnya.

(Baca Juga: Fakta dan Mitos Seputar Penyakit HIV/AIDS)

4. Bawang merah
Bawang merah bisa untuk menghilangkan bintik-bintik kecoklatan karena kandungan sulfurnya yang memiliki properti eksfoliatif.

Potong satu bawang merah menjadi irisan tebal dan menggosok irisan ini pada bintik-bintik dua kali sehari. Lanjutkan obat ini sampai bintik-bintik memudar.

5. Minyak jarak
Minyak jarak adalah obat alami lain untuk mengobati bintik-bintik. Ini akan membantu bintik-bintik memudar.

Sebelum tidur, oleskan minyak jarak pada kulit yang terkena. Keesokan paginya, bersihkan dengan jaringan lunak dan kemudian bilas kulit dengan air suam-suam kuku. Lanjutkan obat ini setiap hari sampai Anda menyingkirkan bintik-bintik.

Atau Anda dapat menggunakan minyak vitamin E atau minyak zaitun untuk mengurangi noda dan bintik-bintik.