Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 18 Desember 2014

5 Fakta dan Mitos Tentang HIV/AIDS


KaBeIn, Siapa sih orangnya yang tidak takut dengan penyakit yang satu ini? Mendengar kata HIV AIDS disebut saja kita sudah gemetar dan berdoa agar kita terhindar dari penyakit yang belum ada obatnya ini.

Kepopuleran penyakit ini membuat banyak kesalahpahaman tentang informasi yang berbedar, informasi yang seharusnya mitos kini dijadikan kebenaran, dan sebaliknya.

Yuk mari mengenal lagi tentang informasi seputar HIV AIDS ini, mana yang sebenarnya fakta dan mana yang hanya mitos belaka. Kami ambil dari laman Vemale.com


1. Wanita hamil dengan HIV bisa menularkan ke janin (FAKTA)
Wanita hamil dengan HIV bisa menularkannya ke janin saat melahirkan ataupun saat kehamilan. Namun ini masih bisa dicegah dengan konsultasi ke dokter.

2. Hanya bersentuhan tidak akan menularkan virus (FAKTA)
Memang benar, bersentuhan seperti bersalaman dan beperlukan tidak akan menularkan HIV. Virus bisa tertular jika melakukan hubungan seksual atau saling berbagi jarum suntik.

3. HIV bisa disembuhkan (MITOS)
Sampai detik ini belum ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan virus ini. Pengobatan bagi penderita hanya untuk melemahkan kerja virus dan memperkuat sistem kekabalan, seperti efek dari obat antiretroviral (ART)

4. Waktu hidup penderita tidak bertahan lama (MITOS)
Efek yang akibatkan dari virus HIV berbeda setiap individu, ada yang hanya beberapa bulan saja langsung berkembang menjadi AIDS dan mulai merusak sistem kekebalan tubuh, namun adapula yang sampai bertahun-tahun mengidap HIV namun tidak berkembang menjadi AIDS

5. Terserang virus HIV sudah pasti terkena AIDS (MITOS)
HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga penderita tidak mampu melawan berbagai penyakit. Belum tentu pendeita HIV akan menjadi penderita AIDS juga, karena dengan penanganan yang tepat, bisa saja tidak akan berkembang menjadi AIDS