Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 21 Desember 2014

5 Cara Mengobati Infeksi Telinga dengan Bahan Alami


KaBeIn, Infeksi telinga disebabkan oleh bakteri atau virus di tengah telinga. Infeksi telinga terjadi lebih sering pada anak-anak daripada orang dewasa. Beberapa penyebab dan faktor yang menyebabkan infeksi telinga adalah  karena penumpukkan lilin telinga, infeksi saluran pernapasan atas, alergi makanan, alergi lingkungan, genetika, kekurangan gizi, dan luka.

Beberapa tanda umum bahwa seseorang menderita infeksi telinga adalah nyeri di telinga, menarik-narik telinga, sulit tidur, sakit kepala, respon yang buruk terhadap suara, demam tinggi, cairan mengalir dari telinga, muntah, diare, dan sebagainya.

Telinga terdiri dari tiga bagian: bagian luar, tengah dan dalam.

Infeksi telinga dapat terjadi pada salah satu dari tiga bagian. Infeksi telinga bagian dalam adalah yang paling serius. Sangat penting untuk mengobati infeksi telinga untuk mencegah komplikasi, termasuk kerusakan atau pecahnya gendang telinga. Infeksi telinga yang tidak diobati juga dapat menyebabkan ketulian.


Ada beberapa metode alami untuk mengobati infeksi telinga. Seperti yang kami kutip dari halaman Home Remedies berikut ini:

1. Garam
Garam mungkin adalah obat alami yang paling tersedia, dan paling mudah.

- Panaskan satu cangkir garam pada microwave, atau panci selama sekitar 3-5 menit.
- Masukkan garam panas di dalam kain tebal atau kaus kaki. Ikat ujung terbuka dengan karet gelang atau diikat simpul.
- Berbaring dan letakkan kain di telinga yang terkena selama 5 sampai 10 menit.
- Ulangi obat ini setiap hari sebanyak yang diperlukan. Panas yang dihasilkan dari kaus kaki/kain tersebut akan membantu menarik keluar cairan dari telinga dan menghilangkan pembengkakan dan nyeri.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan satu cangkir beras dengan cara yang sama dengan di atas.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan menghilangkan rasa sakit secara alami, sehingga sangat efektif dalam pengobatan infeksi telinga.

Rebus dua atau tiga siung bawang putih segar dalam air selama lima menit, kemudian menghancurkannya dan tambahkan garam. Masukkan ke dalam kain bersih dan tempatkan terhadap telinga yang terkena.

Mengkonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah sehari-hari juga membantu mempercepat proses penyembuhan.

3. Kemangi
Anda juga dapat menggunakan kemangi untuk mengobati infeksi sakit telinga. Ini dapat meredakan nyeri telinga serta mengurangi infeksi.

Lembutkan 4 sampai 5 daun kemangi segar dan jadikan jus. Terapkan jus kemangi pada telinga atau sekitar telinga yang terinfeksi. Hindari jus masuk ke liang telinga.

(Baca Juga: Cara Membersihkan Usus Besar agar Sehat)

4. Cuka sari apel
Untuk menghilangkan jamur yang dapat menyebabkan infeksi telinga, cuka sari apel adalah pilihan yang tepat.

- Campur cuka sari apel satu bagian dengan jumlah yang sama air atau alkohol. Rendam bola kapas dalam larutan ini.
- Tempatkan bola kapas di telinga Anda dan biarkan selama sekitar lima menit.
- Lepaskan bola kapas dan berbaring ke sisi berlawanan Anda untuk mengalirkan cairan dari telinga. - Gunakan pengering rambut untuk mengeringkan telinga Anda.

5. Minyak Zaitun
Salah satu penyebab utama banyak lilin ditelinga karena pertumbuhan jamur atau bakteri yang menyebabkan penyumbatan di saluran eustachius. Anda dapat dengan mudah menghilangkannya dengan bantuan minyak zaitun.

- Hangatkan sedikit minyak zaitun. Masukan beberapa tetes minyak hangat ke dalam telinga yang terinfeksi.
- Minyak akan menyebabkan lilin melunak. Bersihkan lilin dengan kapas penyeka. Hati-hati jangan sampai menempatkan penyeka terlalu masuk ke dalam telinga.