Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 05 Desember 2014

4 Tips Melancarkan Pencernaan Akibat Makan Berlebih Saat Musim Liburan


KaBeIn, Musim liburan memang sangat menyenangkan, banyak hal yang akan memanjakan Anda, termasuk makanan berlimpah tanpa adanya aktifitas fisik yang cukup.

Ketika Anda berkunjung saat musim liburan, maka yang ditemui ketika pergi ke famili adalah makanan dan makanan. Akibatnya perut Anda akan nyerah dan pencernaan terganggu jika Anda lupa diri.

Berikut tips selalu mendapatkan kesehatan pada sistem pencernaan ketika Anda menghadapi berbagai hidangan dimusim liburan. Tips ini menurut Dr. Tom Bayne, pendiri Pure Balance Health Center dan juga dari Chicago Healers, seperti dikutip beliefnet.com


1. Berjalan
Berjalan membantu memindahkan makanan di sepanjang saluran pencernaan, meningkatkan pencernaan dan penyerapan. Untuk manfaat tambahan, berjalanlah sambil memijat perut Anda dengan telapak tangan, dalam lingkaran di sekitar pusar.

2. Minum Teh Herbal
Ringankan kekenyangan Anda dengan teh herbal yang menargetkan pencernaan. Rajang 1 sendok teh mint, rosemary, oregano, daun ketumbar, sage, dan kemangi dalam secangkir air panas. Minum setelah Anda makan untuk menenangkan dan mencegah kembung.

(Baca Juga: Inilah Akibat Buruk dari Kelebihan Minyak Trans)

3. Pagi berikutnya, Minumlah Cuka Sari Apel
Cuka sari apel secara tradisional digunakan untuk memperbaiki distress pencernaan, mendukung detoksifikasi hati, menormalkan cairan pencernaan, dan mengurangi usus kembung. Campurkan 1 sendok makan cuka sari apel organik dengan 12 ons air hangat, dan minum di pagi hari saat perut kosong. Jangan ragu untuk menambahkan sedikit madu atau sirup maple.

4. Makan dengan Benar
Ketika Anda mendapati makan kekenyangan, pastikan untuk selanjutnya makan makanan yang mengandung banyak serat dan protein untuk membantu tubuh Anda pulih dari makan berlebih tersebut.