Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 15 Desember 2014

10 Pengobatan Alami untuk Rematik Asam Urat (Gout)


KaBeIn, Rematik asam urat atau Gout adalah jenis arthritis dan dapat menyebabkan sakit parah pada sendi terutama di jari-jari kaki. Dan ketika kondisinya sudah parah akan membuat Anda sulit bergerak dan menghambat aktifitas Anda. Tanda paling umum dari asam urat adalah serangan pembengkakan pada malam hari, nyeri, kemerahan, dan nyeri di jempol kaki Anda. Anda juga bisa mendapatkan serangan gout di pergelangan kaki, lutut atau sendi lainnya. Serangan dapat bervariasi dari beberapa hari atau beberapa minggu, dan serangan lain mungkin tidak terjadi selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Penyebab utama Gout adalah jumlah yang berlebihan asam urat dalam darah. Kebanyakan orang hanya akan diminta untuk memeriksa asam urat mereka setelah mereka mengalami rasa sakit yang hebat di tangan, pergelangan tangan, jari, lutut, pergelangan kaki dan kaki akibat asam urat.
Berikut ini pengobatan alami untuk memerangi penyakit asam urat, kami ambil dari laman healthdigezt dan Home Remedies


1. Jahe
Sifat anti-inflamasi yang hadir dalam jahe dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan. Ada banyak cara untuk menggunakan jahe dalam pengobatan asam urat.

- Campur jumlah yang sama bubuk fenugreek, serbuk kunyit dan bubuk jahe. Konsumsi satu sendok teh campuran ini bersama dengan air hangat. Ambillah dua kali sehari.

 - Anda juga dapat menambahkan satu-setengah sendok teh jahe untuk satu cangkir air mendidih dan aduk dengan baik. Minum obat ini setidaknya sekali sehari.

-  Pilihan lain adalah dengan membuat pasta dari jahe dengan sedikit air dan oleskan pasta ini pada daerah yang terkena. Biarkan selama sekitar setengah jam. Lakukan ini sekali sehari.

2. Apple Cider Vinegar
Cuka sari apel, yang digunakan untuk mengobati sakit kepala dan perut asam, juga membantu mengobati asam urat dan rematik. Keasaman dalam cuka sari apel akan membantu mengurangi rasa sakit akut. Anda juga dapat menambahkan madu untuk meningkatkan respon anti-inflamasi tubuh.

Campurkan satu sendok teh cuka sari apel mentah, tanpa filter dalam segelas air. Minum 2-3 kali sehari.

Jika Anda mendapati obat ini bermanfaat, Anda dapat meningkatkan dosis cuka sari apel hingga dua sendok makan.

3. Baking Soda
Salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap gout adalah peningkatan asam urat dalam tubuh. Baking soda dapat membantu menurunkan jumlah asam urat, memberikan Anda bantuan dari rasa sakit.

- Campurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air.
- Minum larutan ini empat kali sehari, tapi tidak lebih dari itu.
- Lanjutkan hingga dua minggu.

Jika Anda berada di atas 60 tahun, jangan mengambil lebih dari tiga kali dalam sehari. Juga, abaikan obat ini jika Anda menderita hipertensi.

4. Ceri
Ceri, baik manis ataupun asam, juga bisa sangat membantu dalam mengobati asam urat karena sifat antioksidan mereka.

- Makan 15 sampai 20 ceri sehari sangat dianjurkan. Untuk hasil yang lebih baik, Mulailah hari Anda dengan beberapa ceri.

- Pilihan lain adalah dengan minum segelas jus ceri hitam setiap hari. Anda juga dapat menambahkan beberapa siung bawang putih cincang di dalamnya.

5. Jus Lemono
Untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit asam urat, adalah penting untuk alkalize tubuh dan menetralkan kelebihan asam urat dalam aliran darah. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan jus lemon segar dan baking soda. Bersamaan dengan jus lemon, juga makanlah buah-buahan lain yang kaya vitamin C untuk memperkuat jaringan tubuh.

- Campur jus lemon dengan satu-setengah sendok teh baking soda. Biarkan selama beberapa detik sampai buih berhenti, dan kemudian mencampurnya dalam segelas air. Minumlah segera.

- Pilihan lain adalah dengan menambahkan air dari setengah lemon ke segelas air dan minum tiga kali sehari.

6. Pisang
Pisang juga sangat efektif dalam mengobati asam urat. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang akan membantu mengubah kristal asam urat dalam bentuk cair yang akan memerah keluar dari tubuh melalui buang air kecil. Pisang juga mengandung jumlah cukup vitamin C, yang sangat efektif dalam mengelola pembengkakan dan rasa sakit.

Cukup makan satu atau dua buah pisang setiap hari, dan segera Anda akan melihat perbaikan dalam kondisi Anda.

(Baca Juga: Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Anda)

7. Garam Epsom
Garam Epsom adalah bahan lain yang berguna untuk pengobatan alami asam urat dan bentuk-bentuk arthritis. Tingginya jumlah magnesium yang hadir di garam Epsom juga akan memperbaiki kondisi jantung dan tekanan darah tinggi. Merendam bagian tubuh yang terkena dengan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom akan melemaskan otot-otot dan mengurangi rasa sakit.

- Untuk mandi santai, tambahkan dua cangkir garam Epsom untuk menghangatkan air mandi.
- Rendam tubuh Anda di dalamnya sampai air mulai kehilangan panas.
- Lakukan ini seminggu sekali. Jika Anda memiliki asam urat yang parah, Anda dapat mencoba dua atau tiga kali seminggu.

8. Apel
Ada ungkapan, "Sebuah apel sehari membuat dokter pergi." Santa baik mempunyai kebiasaan yang sehat untuk makan setidaknya satu apel sehari-hari, terutama ketika Anda memiliki asam urat.

Para ahli menyarankan makan apel setelah makan. Kehadiran asam malat dalam apel akan membantu menetralkan asam urat dalam tubuh dan dengan demikian mengurangi rasa sakit asam urat dan peradangan. Jika Anda tidak suka makan apel, Anda bisa mencoba jus apel. Berasama dengan apel, merupakan ide yang baik untuk makan wortel mentah setiap hari

9. Air Dingin
Menempatkan daerah yang terkena dengan air dingin akan mengurangi pembengkakan serta rasa sakit. Bila Anda memiliki asam urat, jangan menggunakan es langsung pada kulit; ini dapat merusak kulit dan membuat kondisi Anda lebih parah.

- Benamkan bagian yang meradang atau sendi bengkak dalam air dingin selama 10 sampai 15 menit. Ulangi proses beberapa kali sehari.

- Anda dapat menggunakan kompres es selama sekitar 15 menit, tapi bungkus dalam handuk sebelum menempatkannya pada daerah yang terkena. Lakukan ini dua kali sehari. Hindari penggunaan berlebihan dari paket es karena dapat menyebabkan kristalisasi asam urat.

10. Activated Charcoal (Arang aktif)
Arang aktif dikenal dapat menyerap asam urat; oleh karena itu, dapat dengan aman digunakan untuk pengobatan asam urat. Mereka yang menderita gout harus mengambil mandi arang dua kali atau tiga kali seminggu.

     Campurkan setengah cangkir bubuk arang dengan air sampai membentuk pasta. Masukan pasta di bak mandi dan menambahkan lebih banyak air. Rendam bagian tubuh yang terkena setidaknya setengah jam. Obat ini adalah solusi yang baik untuk asam urat dalam sendi pergelangan kak.

     Untuk bagian tubuh lain yang terkena dampak, membuat pasta arang dan menerapkannya pada kulit. Biarkan selama setengah jam; kemudian bilas dengan air hangat.

Jadi, jika Anda menderita asam urat, cobalah solusi alami diatas untuk mendapatkan bantuan dari rasa sakit dan peradangan. Ingatlah, tidak ada obat yang cepat. Diperlukan waktu dan tekad yang kuat dalam mengobati asam urat.