Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 02 Desember 2014

10 Pengobatan Alami untuk Bisul (Abses)


KaBeIn, Apakah Anda pernah menderita abses atau bisul? Waduh, tentunya jelas bukan pengalaman yang menyenangkan bukan? Dan bukan pengalaman yang membanggakan. Menurut wikipedia, bisul adalah sekumpulan nanah yang telah terakumulasi di rongga di jaringan setelah terinfeksi sesuatu atau barang asing. Bisul merupakan reaksi ketahanan dari jaringan untuk menghindari menyebar nya barang asing di tubuh.

Tapi jangan khawatir! Tuhan melarang Anda mempunyai bisul, maka ditemukanlah pengobatan untuk penyakit ini. Kami akan memberikan informasi pengobatan bisul dengan cara alami dan tentu saja mudah.

Abses (Image by Shutterstock)
Berikut ini cara mengobati bisul, kami lansir dari laman StyleCraze.com

1. Alga Biru-Hijau
Ganggang biru-hijau adalah suplemen yang sangat baik untuk menyembuhkan bisul. Mereka mengandung beberapa mineral yang memfasilitasi penyembuhan lebih cepat. Dalam kasus bisul, Anda dapat mengambil 300mg suplemen ini dua kali untuk tiga kali sehari.

2. Kentang
Ya, Anda membacanya dengan benar. Sayuran yang paling umum ada di dapur Anda ini adalah obat alami yang efektif untuk menyembuhkan bisul pada kulit. Yang perlu Anda lakukan adalah memotong kentang mentah menjadi irisan dengan tebal sekitar satu inci. Tempatkan irisan tersebut pada daerah yang terkena dan ikat atau plester dengan sesuatu agar kentang tidak jatuh. Atau, Anda dapat menerapkan kentang mentah parut pada daerah bengkak dan amankan dengan balutan kain di atasnya. Aplikasi topikal (olesan) kentang pada bisul ini akan membantu dalam pengeluaran racun dari bisul dan kemudian akan membuatnya sembuh.

3. Kunyit
Kunyit terkenal karena sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang juga membantu dalam menyembuhkan bisul. Anda dapat mencampur beberapa bubuk kunyit dengan susu dan mengambil minuman ini tiga kali sehari untuk penyembuhan infeksi dari dalam. Metode ini juga dapat diterapkan dengan dioleskan dalam bentuk pasta. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur beberapa bubuk kunyit dengan susu atau air dan terapkan langsung pada daerah bengkak. Hal ini akan membantu dalam menyembuhkan bisul kulit.

4. Bawang
Sama seperti kentang, Anda dapat menempatkan irisan tebal bawang pada kulit bengkak dan membungkusnya dengan kain. Mengganti irisan bawang setelah 3 jam. Terus ulangi prosedur ini sampai bisul pecah. Bahan kimia yang terkandung dalam bawang memiliki sifat antiseptik yang menyembuhkan abses dengan meningkatkan sirkulasi darah ke daerah bengkak.

5. Lemon Dan Bawang Putih
Campuran jus lemon segar dan ekstrak bawang putih sangat efektif dalam penyembuhan bisul. Anda dapat mengoleskan campuran ini untuk membantu untuk menyingkirkan infeksi.

6. Kulit Jeruk Dan Aloe Vera
Sebuah pasta yang dibuat dari bubuk kulit jeruk kering dan jel lidah buaya bermanfaat untuk kulit Anda dan karenanya, membantu dalam menyembuhkan bisul. Oleskan secara teratur pasta ini pada bisul Anda, maka dalam waktu 2 sampai 3 hari, bisul Anda akan sembuh.

7. Pasta Fenugreek
Sebuah pasta yang dibuat dari daun fenugreek yang sudah dilembutkan juga dapat membantu dalam menyembuhkan bisul. Yang perlu Anda lakukan adalah menerapkan pasta ini pada daerah yang terkena dan biarkan hingga kering. Setelah kering, bersihkan dengan kain bersih dan air hangat.

(Baca Juga: Apakah Penderita Diabates Aman Makan Buah Mangga?)

8. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh sangat efektif dalam menyembuhkan gigi dan gusi bengkak. Dalam kasus abses gigi, Anda bisa menyikat gigi Anda setiap hari dengan beberapa minyak cengkeh. Anda juga dapat memijat gusi dengan minyak cengkeh.

9. Minyak Peppermint
Minyak peppermint sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan gigi bengkak. Ambil sedikit minyak peppermint dan pijat daerah yang terinfeksi dengan lembut dengan ujung jari Anda. Ini akan memberikan bantuan instan dari sakit gigi yang disebabkan karena abses.

10. Rendam dengan Air Panas
Rendam dengan air panas dapat mengurangi rasa sakit akibat bisul. Isi bak mandi dengan air panas dan campurkan garam Epsom di dalamnya. Rendam dalam air ini selama 15 sampai 30 menit empat kali sehari. Ini akan membuat kulit Anda lembut serta menyembuhkan infeksi secara bertahap.