Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 09 Desember 2014

10 Manfaat Kesehatan Teh Serei


KaBeIn, Tentu Anda sudah sangat paham betul tanaman ini, ada yang menyebutnya serai atau sereh, orang pantura menyebutnya kamijara dan mungkin didaerah lain di Indonesia nama bisa saja berbeda.

Serai biasa digunakan untuk bumbu dapur, penyedap pada masakan orang Asia. Secara gizi, serai adalah sumber yang kaya folat, magnesium, zinc, vitamin A dan C, asam folat, tembaga, fosfor, zat besi, kalsium, kalium dan mangan. Tanaman ini juga mengandung sedikit vitamin B.

Bukan hanya bermanfaat ketika dimasukkan dalam bumbu, tapi serai juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah dengan membuat teh serai.

Berikut ini manfaat kesehatan dari teh serai yang menakjubkan, diambil dari laman Stylecraze.com

Teh serai
1. Meningkatkan Pencernaan
Serai mengandung senyawa antiseptik yang efektif membunuh parasit dan bakteri jahat yang berkembang di dalam saluran pencernaan. Membantu dalam mengobati berbagai masalah pencernaan seperti mulas, sembelit, gangguan pencernaan, perut kembung, diare, kembung, muntah, perut kejang dan kram. Kandungan sifat antimikroba memberikan bantuan langsung dalam kasus gejala gastroenteritis. Untuk memastikan pencernaan yang sehat, Anda harus minum teh serai secara teratur.

2. Pembersihan Dan Detoksifikasi
Pembersihan dan detoksifikasi sistem internal Anda adalah suatu keharusan untuk menjaga organ-organ Anda bekerja dalam kondisi prima. Asupan rutin dari teh serai memastikan bahwa sistem internal Anda dibersihkan dan terdetoksifikasi. Sifat diuretik dari serai membantu menghilangkan asam urat, racun dan kolesterol jahat dari tubuh Anda. Teh serai juga akan menyebabkan peningkatan jumlah dan frekuensi buang air kecil sehingga menjaga ginjal Anda bersih dan bekerja dengan lancar. Teh serai juga membersihkan dan memurnikan kandung kemih, hati dan pankreas dan memainkan peran penting dalam meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, minum teh serai membantu Anda untuk menyingkirkan semua zat berbahaya dari tubuh Anda.

3. Membantu Melawan Kanker
Menurut tim peneliti yang dipimpin oleh Prof Yakov Weinstein dan Dr Rivka Ofir, dari Departemen Imunologi dan Mikrobiologi, ada kemungkinan bahwa serai memiliki potensi untuk melawan kanker.

4. Bantuan Dari Kram Saat Menstruasi
Kram menstruasi yang dihadapi oleh jutaan perempuan, dan mereka selalu mengalami penderitaan setiap kali menstruasi mereka dimulai. Rutin minum teh serai panas dua kali sehari dapat membebaskan Anda dari kram menstruasi. Ini juga merupakan tonik anti-jerawat yang biasanya meningkat selama menstruasi sebagai akibat dari perubahan hormonal.

5. Mengandung Anti-Septik
Serai memiliki sifat antiseptik yang kuat, menurut penelitian lebih kuat daripada streptomisin dan penisilin. Ketika teh serai digunakan sebagai bagian dari pengobatan untuk infeksi, ini sangat efektif. Para ahli di Kathi Keville dari Herb Association mengatakan bahwa serai bila digunakan sebagai pencuci sangat efektif memerangi infeksi luka dan berbagai infeksi kulit.

6. Melawan Infeksi
Sebuah artikel yang diterbitkan di Brazil’s Journal of Infectious Diseases telah menyatakan bahwa teh serai dapat menghentikan kemajuan beberapa jenis infeksi. Artikel ini juga menunjukkan bahwa ada kemungkinan bahwa serai dapat membantu dalam mengobati infeksi jamur, meskipun uji klinis diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim ini.

Serai atau Sereh
7. Antidepresan
Teh serai digunakan untuk meringankan stres dan gejala kelelahan seperti sakit kepala dan sakit-tubuh dan juga untuk menyegarkan seluruh tubuh. Aroma teh serai lama-lama akan meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa santai dan bahagia, sehingga meningkatkan sikap positif dan sehat.

8. Sumber Antioksidan
Ketika radikal bebas berinteraksi dengan protein, DNA dalam sel Anda dapat menyebabkan penyakit kronis serius seperti Alzheimer. Antioksidan hadir dalam serai menghentikan interaksi ini dan mencegah timbulnya penyakit serius. Properti diuretik alami membuat pankreas dan hati yang sehat, dengan demikian mengendalikan kadar kolesterol dan menjaga tetap normal.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Keracunan Makanan)

9. Menyembuhkan Pilek Dan Flu
Flu dan pilek adalah masalah kesehatan umum yang rutin mempengaruhi semua orang. Namun, jika Anda rutin mengkonsumsi secangkir teh serai setiap hari, ini akan membuat masalah flu dan pilek akan pergi. Sifat antijamur dan antibakteri pada serai membantu tubuh Anda untuk mengatasi gejala demam, batuk, flu dan pilek. Serai kaya vitamin C, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian membantu tubuh Anda melawan infeksi tersebut.

Serai juga digunakan untuk meredakan nyeri sendi dan otot dan menyembuhkan sakit kepala yang disebabkan karena flu dan pilek. Anda dapat menggunakan teh serai untuk membersihkan penumpukan dahak dan lendir dan dapat mengurangi segala jenis masalah pernapasan.

Anda dapat menyiapkan minuman obat sereh dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

-  Rebus 3 cengkeh, sebuah kayu manis ukuran kecil, 1 sdt bubuk kunyit dan sehelai serai dalam satu cangkir susu. Saring dan dinginkan.
-  Minum setidaknya sekali sehari sampai Anda sembuh.

10. Sifat  Anti-Inflamasi
Sifat anti-inflamasi serai membuatnya sangat efektif dalam pengobatan rematik, arthritis, gout, osteoarthritis dan nyeri sendi lainnya. Komponen anti-inflamasi serai membatasi aktivitas enzimatik siklooksigenase-2, yang diketahui menyebabkan rasa sakit dan peradangan, terutama pada sendi. Anda dapat mempersiapkan campuran herbal khusus serai dengan mencampurkan minyak kelapa dan minyak sereh dalam rasio 2: 1. Menggosok campuran ini pada sendi dan daerah lain yang terkena dampak untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga harus minum teh serai secara teratur. Hasil akan terlihat setelah seminggu sejak Anda menerapkan cara ini.