Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 02 Desember 2014

10 Manfaat Kesehatan dari Ashwagandha (Ginseng India)


KaBeIn, Salah satu ramuan yang semakin mendapatkan perhatian dalam dunia kedokteran adalah ashwagandha, disebut juga dengan ginseng India atau Withania Somnifera. Tanaman ini telah digunakan selama bertahun-tahun dalam sistem pengobatan India kuno, yakni Ayurveda, serta perngobatan masyarakat Cina.

Ashwagandha memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti meningkatkan kekebalan tubuh, antioksidan, anti-inflamasi, anti-stres, mempermudah tidur, sifat antibakteri dan antikonvulsan.

Komponen biologis aktif yang terkenal dalam ashwagandha adalah alkaloid, lakton steroid, saponin, zat besi, dan kolin. Ashwagandha juga mengandung 18 asam lemak yang berbeda dan beberapa polifenol dan pitosterol.

Ginseng India atau Withania Somnifera
Berikut ini 10 manfaat kesehatan dari ashwagandha (ginseng India). Dilansir dari laman top10homeremedies.com

1. Meredakan Stres
Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of India Psychological Medicine menemukan bahwa ashwagandha sangat bermanfaat dalam mengurangi stres serta efek sampingnya. Para penderita stres yang mengkonsumsi ashwagandha mempunyai kortisol (hormon stres) yang lebih rendah.

Ashwagandha dapat membantu dengan baik pada penderita stres akut dan kronis. Ashwagandha bekerja sebagai tonik dan membantu tubuh Anda beradaptasi dengan stres, serta memperkuat sistem saraf dan adrenal sekaligus menyegarkan tubuh dan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Merangsang Daya Otak
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research pada tahun 2010, ashwagandha efektif dalam pengobatan Alzheimer. Ada beberapa bahan kimia dalam ashwagandha yang membantu meningkatkan produksi asetilkolin, pemancar utama sinyal saraf. Hal ini pada gilirannya meningkatkan kemampuan kognitif termasuk berpikir, konsentrasi dan daya ingat.

Ashwagandha bahkan bisa merangsang pertumbuhan bagian dari sel-sel saraf yang telah rusak dan dengan demikian membantu mengurangi risiko penyakit mental yang berkaitan dengan usia seperti Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Untuk melindungi otak Anda dari degenerasi, mulailah konsumsi suplemen ashwagandha tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Melindungi dan Melawan Kanker
Sejumlah penelitian telah menunjukkan tanda-tanda positif bahwa ashwagandha dapat membantu mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker. Ini karena Ashwagandha tinggi antioksidan dan anti-kanker.

Komponen-komponen dari Ashwagandha dapat bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan berbagai jenis kanker seperti payudara, usus besar, leukemia, paru-paru, melanoma, prostat dan sarkoma.

Ashwagandha juga dapat meningkatkan efek kemoterapi dan radiasi terhadap sel-sel kanker serta melindungi sel-sel sehat terhadap kerusakan dari terapi kanker konvensional.

4. Meningkatkan Imunitas
Manfaat kesehatan lain yang penting dari ashwagandha adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan yang tinggi pada Ashwagandha membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Minum 1 cangkir teh ashwagandha secara teratur akan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Catatan: Teh Ashwagandha tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

5. Melawan Depresi
Ashwagandha memiliki anti-stres dan sifat antidepresan yang lebih efektif dibandingkan obat kuat yang digunakan dalam pengobatan depresi dan kecemasan.

Sebuah studi tahun 2000 oleh para peneliti dari Institute of Medical Sciences di Universitas Banaras Hindu di India menemukan bahwa ashwagandha menstabilkan suasana hati pada pasien dengan gangguan perilaku.

Dan juga, ashwagandha tidak menyebabkan kantuk, yang merupakan efek samping dari banyak obat-obatan. Metode ini harus diambil secara oral di bawah bimbingan seorang dokter untuk mengontrol depresi dan kecemasan.

6. Meningkatkan Daya Seksual
Ashwagandha bekerja sebagai afrodisiak yang kuat. Bahkan, sebuah studi percontohan pada 2013 mengevaluasi aktivitas spermatogenik dari Ashwagandha, hasilnya menegaskan bahwa ramuan ini dapat meningkatkan jumlah sperma, volume semen dan motilitas sperma.

Asupan rutin dari ashwagandha akan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma serta kinerja seksual dan kekuatan pada pria. Ini juga dapat meningkatkan libido pada wanita.

Campurkan ½ sendok teh bubuk ashwagandha dalam segelas susu hangat dan minum dua kali sehari.
Atau, mengkonsumsi 300 sampai 500 mg kapsul, 2 kali sehari selama sekitar satu bulan untuk meningkatkan daya seksual Anda.

7. Mengobati Arthritis
Karena sifat anti-inflamasi, ashwagandha juga sangat efektif dalam mengobati rematik dan osteoarthritis. Sifat anti-inflamasi berasal dari alkaloid, saponin dan steroid lakton yang ada di dalamnya.

Ini akan membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada persendian terutama kekakuan sendi pada pagi hari. Ashwagandha juga meningkatkan energi, kekuatan dan vitalitas yang penting untuk menjalani hidup normal ketika menderita masalah kesehatan seperti arthritis.

Aplikasi oles dari bubuk akar ashwagandha sangat efektif terhadap nyeri arthritis dan peradangan.

8. Melawan Diabetes
Ashwagandha telah lama digunakan sebagai obat untuk diabetes dalam pengobatan Ayurveda. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan hasil yang positif.

Mereka yang menderita diabetes tipe 2 mengalami kesulitan metabolisme karbohidrat, dan ashwagandha dapat membantu hal tersebut.

Ashwagandha juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta mengurangi komplikasi yang terkait dengan diabetes.

Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil ashwagandha untuk pengobatan diabetes.

(Baca Juga: Cara Komplit Mengobati Bisul)

9. Membantu Tinggi Badan
Jika Anda ingin menambah tinggi badan beberapa inci, Anda dapat menggunakan ashwagandha. Ashwagandha dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan untuk membantu menambah tinggi badan sekaligus sangat membantu dalam membuat kerangka tulang yang lebih luas dan lebih padat.

Tambahkan 2 sendok makan bubuk ashwagandha dan sedikit gula untuk segelas susu sapi hangat. Minum setiap hari sebelum tidur selama minimal 45 hari.

10. Merangsang Thyroid
Ashwagandha dapat menjadi adaptogen yang membantu dengan baik masalah hipo dan hiper tiroid. Hal ini dapat merangsang adrenal dan kelenjar timus, yang mendukung fungsi kelenjar tiroid.

Tanaman ini juga akan membantu meringankan kelelahan dan stres, gejala umum dari hipotiroidisme.

Ambil ekstrak akar ashwagandha setiap hari. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosis yang tepat.

Perhatian: Meskipun ashwagandha memiliki begitu banyak manfaat kesehatan, itu harus digunakan di bawah pengawasan medis. Pada beberapa orang dapat menyebabkan reaksi, sakit kepala, pencernaan dan masalah tidur. Juga, ramuan ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui.