Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Jumat, 07 November 2014

Susi Pudjiastuti: Kami Memiliki 70 Kapal Patroli, Tapi Hanya 10 yang Beroperasi


KaBeIn, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti bingung dengan banyaknya masalah yang ada di kementriannya.

"Hari ini, Saya mencapai kebuntuan. Saya tidak bisa berkomentar lebih jauh. Saya terkejut oleh kondisi saat ini, "kata Susi dalam pertemuan dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Rabu (5 November), seperti dikutip dalam Kompas.com.

Dia mengatakan, beberapa minggu lalu dalam pertemuan dengan TNI AL dan Kepolisian, bahwa ia melihat fakta menyedihkan tentang pertahanan laut Indonesia sangat buruk terhadap illegal fishing. Angkatan Laut Indonesia memiliki 70 kapal patroli tetapi hanya 10 yang beroperasi, dan hanya hanya 3 yang dioperasikan setiap hari.

Hal sama dihadapi oleh Kepolisian. Dari 490 kapal patroli, hanya setengahnya saja yang dapat dioperasikan, itu juga hanya 2 jam setiap kali. Susi juga menambahkan bahwa kapal hanya  digunakan selama 10 hari dalam sebulan.

Susi Pudjiastuti
"Aku bertanya lagi, jika itu terjadi, mengapa kita perlu membeli lebih banyak kapal jika mereka tidak digunakan? Jika penggunaan peralatan dimaksimalkan, maka kita akan membeli lebih banyak, "tambahnya.

(Baca Juga: Presiden Jokowi Luncurkan Kartu Sehat dan Kartu Pintar)

Sebelumnya, Susi juga menunjukkan banyak perbedaan seperti upaya konservasi terumbu karang ditangani oleh Kementerian Kehutanan dan pajak retribusi yang harus dikeluarkan oleh nelayan setempat.

Di bawah kepemimpinan nyantriknya, diharapkan Susi dapat menyelesaikan masalah penangkapan ikan ilegal yang menurut Presiden Joko Widodo, menyebabkan kerugian 300 triliun rupiah setiap tahun.