Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 09 November 2014

Situs Megalitik di Indonesia


KaBeIn, Apakah Anda tahu apa itu situs megalitik? Berasal dari kata Yunani, 'mega' berarti besar dan 'lithos' berarti batu. Oleh karena itu situs megalitik adalah struktur yang terbuat dari batu-batu besar.

Di dunia ini banyak ditemukan struktur unik di tempat yang berbeda di seluruh dunia. Asal-usul struktur ini sebagian besar tidak jelas. Beberapa tejadi karena fenomena alam, ada juga yang dibuat orang jaman dulu untuk kuburan atau tujuan agama.

Di Indonesia sendiri ada beberapa situs megalitik yang menarik, Anda bisa menemukan struktur ini di Nias di Sumatera Utara, Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur, Peninggalan Toraja di Sulawesi Selatan dan Peninggalan Batak di Sumatera Utara.

Struktur Megalitik yang ada di Indonesia meliputi:

1. Situs Gunung Padang
Dijuluki sebagai Machu Picchu kecilnya Indonesia, terletak di desa Karyamukti di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Gunung Padang, piramida Indonesia ini dikenal sebagai situs megalitik terbesar di Asia Tenggara. Para ahli geologi menyatakan bahwa situs tersebut berumur sekitar 9000 sampai 20.000 tahun. Gunung Padang terletak di situs yang berjarak sekitar 885 meter di atas permukaan laut dan di sebuah bukit yang terdiri dari serangkaian teras.

Ditemukan pada tahun 1914 oleh penjajah Belanda dan diyakini oleh para ahli geologi dan arkeolog sebagai buatan asli. Situs ini dianggap sebagai piramida tertua di dunia yang sampai saat ini masih diuji diuji untuk membuktikan teori-teori tersebut. Situs ini suci bagi masyarakat setempat karena mereka percaya ini adalah upaya Prabu Siliwangi yang mencoba untuk membangun sebuah istana dalam satu malam.

Situs Gunung Padang (photo: wikipedia)
2. Pasemah
Situs Pasemah terletak di Dataran Tinggi Pasemah di Bukit Barisan, Sumatera Selatan. Situs megalitik ini dianggap salah satu situs yang paling terpencil dan misterius dari Asia Tenggara. Di daerah antara Lahat dan Pagaralam, ada sekitar 26 situs yang meliputi makam, batu-batu berukir dan tempat-tempat suci bertingkat. Seni batu di daerah ini adalah unik dan terdiri dari tokoh-tokoh heroik dengan ekspresi wajah yang dramatis.

3. Cibedug
Cibedug terletak di Jawa Barat, Indonesia. Ini adalah provinsi tetangga ke Gunung Padang. Cibedug memiliki sembilan struktur dan struktur batu oval. Cibedug sangat mirip dengan Gunung Padang tetapi beberapa telah berspekulasi bahwa mungkin jauh lebih tua dari Gunung Padang. Sayangnya, wilayahnya yang terpencil membuat sulit untuk mengakses situs ini dan tidak ada banyak informasi yang tersedia untuk menentukan usia yang tepat dari situs ini.