Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 06 November 2014

Salah Kaprah! 4 Kebiasaan Ini Malah Akan Memperburuk Alergi Anda


KaBeIn, Alergi debu memang sangat menyita perhatian Anda, banyak waktu yang digunakan hanya untuk menjaga alergi debu agar tidak timbul. Apalagi jika hidup dilingkup perkotaan yang penuh dengan polusi, terutama polusi debu, mau tidak mau Anda harus lebih berhati-hati lagi.

Butuh persiaapan di pagi hari untuk menghadapi terjangan debu sepanjang hari, berangkat ke kantor atau kuliah membuat Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan teliti. Namun ada juga kebiasaan yang menurut Anda dapat meringankan alergi, tapi justru dapat memperburuk keadaan.

Berikut ini kesalahan yang sering dilakukan yang malah berakibat buruk bagi alergi Anda.

Seringkali kita mempunyai kebiasaan yang memperburuk suatu penyakit
1. Tidur dengan hewan peliharaan
Ini kebiasaan yang sebaiknya Anda hentikan segera. Meskipun Anda bukanlah orang dengan penyakit alergi, tapi tidur dengan binatang peliharaan seperti kucing atau anjing dapat memicu Anda menjadi penderita alergi, dan jika Anda dalah penderita alergi, maka dampaknya akan lebih buruk lagi.

2. Menyimpan boneka sembarangan
Para wanita memang identik dengan boneka, mereka seringkali mengoleksi banyak boneka tanpa memperhatikan bahwa sebenarnya boneka adalah sarang debu. Meletakkan dekat Anda akan memperburuk alergi. Jika Anda penyayang boneka, selalu tempatkan mereka dalam lemari tertutup.

(Baca Juga: Inilah Minuman yang Dianjurkan untuk Para Ibu Hamil)

3. Menunda pengobatan
Jangan tunggu melakukan pengobatan meski alergi yang Anda alami tidak parah. Jangan ditunda-tunda lagi, segera konsultasikan pada dokter Anda untuk menangani alergi tersebut.

4. Saat udara berdebu atau panas malah membuka pintu/jendela
Mungkin menurut Anda membuka jendela saat udara panas atau berdebu akan membuat udara dalam kamar Anda menjadi fresh, ini adalah kesalahan yang sering sekali terjadi. Membuka jendela saat udara berdebu akan mendatangkan banyak kotoran pemicu alergi.