Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Sabtu, 08 November 2014

Presiden Jokowi Tiba di Beijing, China, untuk Pertemuan APEC


KaBeIn, Presiden Indonesias Joko "Jokowi" Widodo tiba di Beijing pada hari Sabtu sore untuk menghadiri pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) ke-22 yang  dijadwalkan berlangsung 10-11 November 2014

Pesawat Presiden dan rombongan mendarat di Capital International Airport, Beijing dan disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk China dan Mongolia, Soegeng Rahardjo, dan perwakilan pemerintah China.

Rombongan Presiden Jokowis termasuk sang istri Iriana, Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) GKR Hemas dan putri Kahiyang Ayu.

Setelah beristirahat sejenak, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke hotel di mana mereka akan tinggal sebelum melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden China Xi Jinping pada hari Minggu.

Sumber photo: Antara
Presiden Jokowi juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin serta Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Selain memperkenalkan dirinya sebagai presiden baru Indonesia, Presiden Jokowi akan membahas kondisi hubungan Indonesias dengan berbagai negara dan cara-cara untuk meningkatkan kerjasama dengan mereka.

Indonesia telah menjadi mitra strategis China, Amerika Serikat dan Rusia.

Presiden Jokowi akan menghadiri KTT APEC ke-22 bersama dengan 20 pemimpin negara lainnya.

Pada puncak Jokowi akan berbicara tentang arsitektur regional dan sumbu maritim.

KTT APEC 2014 didahului dengan pertemuan pejabat senior (OMSK) dari November 5-6, diikuti oleh pertemuan tingkat menteri ekonomi APEC ke-26 pada 7-8 November.

Minggu ini, APEC CEO Summit dihadiri para pemimpin perusahaan dari 21 APEC dan APEC Business Advisory Council.