Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Selasa, 18 November 2014

Perbedaan Antara Berolahraga Sendirian dengan Beramai-ramai, Mana yang Terbaik?


KaBeIn, Rutin berolahraga bisa memastikan kesehatan yang prima pada setiap orang yang melakukannya. Meskipun tampak sederhana dan sepele, seperti hanya berjalan cepat beberapa menit setiap hari, tapi ternyata hal sepele ini sangat sulit ditekuni. Alasan yang paling sering adalah malas atau lupa.

Jika Anda sering menghadapi masalah malas atau lupa, maka Anda membutuhkan partner dalam melakukan kegiatan tersebut. Partner atau teman Anda bisa jadi motivasi dalam berolahraga, ia juga bisa mengingatkan kalau Anda lupa.

Tapi ada kekurangan melakukan olahraga dengan didampingin teman-teman apalagi sampai rombongan, yakni olahraga menjadi tidak fokus. Malah bisa-bisa kita tidak berolaharaga tapi sekedar nongkrong dan berbincang-bincang. Atau bahkan hanya duduk-duduk santai di taman!

Berikut ini perbedaan, kekurangan dan kelebihan dari berolahraga sendirian dengan bersama teman.

1. Berolahraga sendirian
Kelabihan berolahraga sendirian adalah kita menjadi lebih fokus, dan menyesuaikan jenis olahraga yang sedang kita butuhkan. Tidak ada teman yang mengajak ngobrol sehingga olahraga yang Anda lakukan sangat efektif.

Kekurangan berolahraga sendirian adalah sulit untuk menjadikannya sebagai rutinitas, rasa malas kerap melanda, tidak ada teman yang memotivasi.

2. Berolahraga dengan teman
Kelebihannya kita menjadi tidak bosan, karena selalu ada teman yang bisa diajak ngobrol. Kadang juga membuat kita lupa bahwa telah berlari jauh.

Kekurangannya justru muncul dari pertemanan Anda, saling ngobrol membuat olahraga menjadi tidak efektif. Bisa juga antara Anda dan dia akan saling tergantung, sehingga bila salah satu berhalangan maka yang satunya ikut-ikutan tidak berolaharaga.

(Baca Juga: Kabar Buruk untuk Anda, Tahun 2020 Bakal Krisis Coklat Dunia!)

3. Berolahraga ramai-ramai
Mengikuti kelas olahraga atau menjadi anggota gym bisa menjadikan aktivitas olahraga lebih termotivasi. Jadwal yang Anda dapat juga membuat olahraga menjadi teratur, iuran bulanan yang Anda bayar juga membuat rasa sayang ketika harus meninggalkan sesi olahraga Anda.

Kekurangannya, bisa saja olahraga yang didapat tidak sesuai dengan yang Anda butuhkan sekarang. Karena Anda hanya mengikuti jadwal olahraga mereka.

Jadi mana yang terbaik menurut Anda?