Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 13 November 2014

Penyakit Menyeramkan Bagi Orang yang Kebanyakan Duduk!


KaBeIn, Duh, sedih rasanya menulis artikel ini, pasalnya penulis juga seorang freelancer yang sehari-hari hanya duduk dan minim bergerak, paling hanya jari-jari ini saja yang bergerak tak kenal lelah. Tapi bagaimanapun ini harus disampaikan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan duduk bisa picu berbagai masalah penyakit berbahaya, sampai dengan mendapat kematian 15 tahun kedepan! Bujug dah.

Seperti dilansir Huffingtonpost, kebanyakan duduk dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan yang sangat berat, sebut saja penyakit kardiovaskular, osteoporosis, dan kenaikan berat badan.

image copyright by shutterstock
Penelitian tersebut menyebutkan bahwa duduk terlalu lama dapat menyebabkan menurunkan mineral tulang tanpa meningkatkan pembentukan tulang. Dengan demikian dapat menyebabkan patang tulang yang disebabkan oleh osteoporosis.  Kelamaan duduk juga sebabkan mengecilnya diameter arteri yang pada akhirnya beresiko pada penyakit jantung! Duh, kok ya penyakit berbahaya semua.

(Baca Juga: Ini Dia Manfaat Wedang Jahe)

Lebih mengejutkan lagi, sebuah penelitian besar di Amerika yang mengambil sampel lebih dari 100.000 orang menyebutkan duduk selama 6 jam setiap hari beresiko 40% lebih besar mendapatkan kematian 15 tahun kedepan bila dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari tiga jam. Tentunya ini membuat para pekerja kantoran dan para blogger yang sehari-hari hanya duduk didepan komputer membenci artikel ini.

Oleh karena itu pada orang dengan hari-hari dihabiskan dengan duduk, Anda harus lebih hebat lagi dalam berolahraga dibandingkan dengan mereka yang bukan pekerja duduk. Biasakan juga tiga jam sekali Anda mengangkat badan Anda untuk sekedar berjalan dan bergerak setidaknya 10 menit.