Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 26 November 2014

Pengobatan Alami untuk Menyembuhkan Oral Lichen Planus


KaBeIn, Oral Lichen Planus adalah kondisi peradangan yang mempengaruhi lapisan mulut. Ini sering muncul sebagai bercak putih pada jaringan lesi, kadang-kadang dengan sakit dan luka di lidah dan gusi. Oral Lichen Planus adalah suatu kondisi autoimun dan dapat disebabkan oleh kondisi seperti: obat-obatan tertentu, alergen dalam pasta gigi, trauma, infeksi virus atau stres. Meskipun tidak menular, ora lichen planus dapat mengakibatkan luka yang menyakitkan, yang membuat sulit makan.

Berikut ini pengobatan alami yang dapat membantu mengelola gejala Oral Lichen Planus

Oral Lichen Planus (Image by mayoclinic.org)
1. Kebersihan Mulut
Menjaga kebersihan akan mengontrol dan membantu mencegah infeksi. Sikat gigi dua kali sehari dan berkumur setidaknya sekali sehari. Kunjungi dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk pembersihan menyeluruh.

2. Periksa Diet Anda
Makanan pedas dan asam dapat menyebabkan iritasi atau memperburuk gejala. Jika Anda melihat bahwa mulut Anda teriritasi setiap kali Anda makan suatu makanan, hilangkan makanan tersebut dari diet Anda. Sebaliknya, makan yoghurt yang kaya probiotik tidak hanya menenangkan mulut tetapi juga mengusir bakteri.

Secara keseluruhan, minum banyak air dapat membuang racun dan mengurangi peradangan.

3. Perubahan gaya hidup
Stres, kecemasan dan depresi dapat memicu oral lichen planus. Luangkan waktu untuk menghilangkan melalui kegiatan relaksasi, olahraga atau meditasi. Buatlah perubahan gaya hidup untuk mengurangi stres dan kecemasan, misalnya dengan mengurangi beban kerja atau belajar untuk memprioritaskan kebutuhan Anda, sehingga Anda tidak over-extending sendiri. Jika masalahnya adalah depresi maka carilah bantuan medis.

(Baca Juga: Cara Cerdas Tetap Diet Ketika Diajak Makan Malam Bersama)

4. Aloe Vera
Sebuah uji coba yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology menyebutkan lidah buaya secara efektif dapat mengobati luka mulut terkait dengan oral lichen planus. Pasien yang diberi aplikasi topikal lidah buaya mempengaruhi 50% gejala dengan 33% dari mereka melaporkan bahwa rasa sakit terbakar di mulut menghilang. Sciencedaily.com juga mendukung penggunaan lidah buaya untuk meringankan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan oral lichen planus. Lidah buaya mengandung antrakuinon, senyawa kimia yang mempromosikan penyembuhan dan menangkap nyeri karena sifat anti-inflamasi.

Anda dapat minum minuman lidah buaya, menerapkan gel lidah buaya dan menggunakan lidah buaya yang dijadikan pasta gigi untuk secara efektif mengelola oral lichen planus.(hubpages)