Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Rabu, 12 November 2014

Pemprov Jawa Barat Segera Bentuk Forum Komunikasi Daerah


KaBeIn, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera membentuk forum komunikasi daerah sebagai bagian dari upaya untuk membangun sinergi yang baik antara bupati dan walikota.

Forum ini juga akan bertujuan mengatasi berbagai isu-isu lingkungan.

"Kami akan mengusulkan pembentukan forum komunikasi regional untuk lingkungan kepada pemerintah pusat," Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Provinsi Jawa Barat (BPLHD), Anang Sudarna, mengatakan di Jakarta, Selasa.

Forum ini akan berfungsi sebagai sarana bagi pemerintah provinsi untuk mengadakan diskusi dengan bupati dan walikota untuk mengatasi isu-isu lingkungan, tambahnya.

"Sebagai contoh, kita akan mengadakan rapat koordinasi dengan bupati sehingga mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu lingkungan," katanya.

ilustrasi
Sudarna juga menyatakan harapan bahwa forum komunikasi akan dapat menangani masalah lingkungan, termasuk bagaimana mempertahankan pasokan air bersih bagi masyarakat setempat.

Kondisi lingkungan di Jawa Barat cukup berbahaya, katanya, mengutip contoh dari sejumlah daerah yang kekurangan pasokan cukup air dan sawah bersih yang sangat kering selama bulan-bulan.

"Bahkan dengan pasokan air, tidak ada jaminan bahwa itu adalah sehat atau bersih," kata pejabat BPLHD.

Selain upaya dari pemerintah provinsi untuk melestarikan lingkungan, Sudarna mengatakan bahwa pemerintah pusat perlu mendukung untuk menegakkan aturan dan mengambil tindakan terhadap mereka yang ditemukan merusak lingkungan.

Sejauh ini, pemerintah provinsi telah kesulitan mengambil tindakan terhadap industri yang merusak lingkungan karena kurangnya penegakan hukum, tegasnya. (Antara)