Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Kamis, 13 November 2014

Musim Hujan, Enaknya Minum Jahe Hangat. Kenali Manfaatnya Yuk?


KaBeIn, Musim hujan telah datang, kini saatnya mencari kehangatan dalam sebuah minuman. Jika Anda adalah penggemar kopi, ada baiknya untuk mengganti dengan minuman yang lebih sehat, seperti teh panas atau jahe panas! Kami lebih memilih jahe.

Tapi jahe bukan hanya untuk pengusir dingin, lebih dari itu, beliau sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga untuk mengkonsumsinya tidak perlu menunggu musim hujan.

Selain menghangatkan, wedang jahe juga menyehatkan
Berikut ini beberapa manfaat yang ada pada jahe

1. Untuk bumbu masak
Ya, ini Anda juga sudah banyak yang tahu. Jahe adalah salah satu bahan pokok bumbu masak terutama masakan negara tropis. Jahe juga bisa menghilangkan bau amis yang kuat yang ada dalam masakan.

2. Meredakan amandel
Jika Anda mempunyai radang akibat amandel, segera ambil jahe dan geprak, sedu bersama air hangat untuk menjadikannya wedang jahe. Niscaya radang amandel Anda mereda.

(Baca Juga: Cara Instan Sembuhkan Kesemutan)

3. Untuk mengobati masuk angin dan sinus
Penyakit ini juga bisa diusir dengan jahe. Anda bisa membuat wedang jahe dengan menambahkan 2 sdm buah lemon dan madu. Komposisinya sesuai selera Anda.

4. Mengobati rematik
Penyakit langganan para orang dewasa ini (banyak juga anak muda kena rematik) bisa diobati menggunakan jasa jahe. Caranya dengan membakar jahe sampai keluar aroma khasnya, haluskan jahe tersebut kemudian aplikasikan pada daerah yang nyeri karena rematik.

5. Untuk obat alergi
Bagi penderita alergi bisa menggunakan jahe sebagai anti-alergennya.  Ketika Anda mendadak gatal atau indikasi lain bahwa Anda terkena alergi, langsung saja konsumsi jahe untuk meringankan efek alergi. Jahe mengandung senyawa nonylaldehyde yang dapat mengurangi rasa gatal akibat alergi.