Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 02 November 2014

Ini Alasan Kenapa Menggaruk Membuat Kulit Gatal


KaBeIn, Ketika ada gatal dikulit tentu yang terpikirkan pertama kali adalah untuk menggaruknya. Celakanya, ketika area tersebut kita garuk malah akan menambah rasa gatal. Sebuah penelitian telah mempunyai jawaban atas 'fenomena' ini.

Sperti dilansir laman BBC Indonesia, Sebuah studi yang dilakukan pada seekor tikus membuktikan bahwa semakin liar kita garuk maka rasa gatal akan semakin bertambah karena otak akan merespon dengan mengeluarkan senyawa Serotonin

Menggaruk akan memicu otak untuk melepaskan senyawa Serotonin.
Penelitian juga menyebutkan bahwa dengan memblokir Serotonin pada tulang belakang dapat mengurangi rasa gatal secara efektif.  Sayangnya penelitian ini belum diuji cobakan pada manusia.

Diharapkan hasil dari penelitian ini akan membantu manusia dalam mengurangi rasa gatal secara efektif.

Rasa gatal dapat dipicu beberapa hal diantaranya iritasi atau akibat debu. Ketika kita menggaruk maka kita akan mengalami rasa sakit yang akan menganggu konsentrasi kita terhadap rasa gatal.

Inilah yang menyebabkan sel saraf tulang belakang melaporkan adanya sinyal rasa sakit ke otak ketimbang sensasi gatal, menurut Prof Zhou-Feng Chen, peneliti dan pimpinan Pusat studi rasa gatal di Universitas Washington, AS.

(Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Bunga Neem untuk Kesehatan)

Pada seekor tikus, kaitan antara gatal dan menggaruk itu seperti 'lingkaran setan'.

"Pada seekor tikus, kaitan antara gatal dan menggaruk itu seperti 'lingkaran setan'," kata Profesor Chen.

Walaupun demikian, menurutnya, memblokir pelepasan serotonin bukan cara yang tepat untuk mengatasi rasa gatal.