Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Minggu, 09 November 2014

Indonesia Mengalami Peningkatan Pengunjung Wisatawan


KaBeIn, Antara Januari dan Agustus 2014, sebanyak 6,2 juta pengunjung telah mengunjungi berbagai kepulauan di Indonesia, mengalami peningkatan dari tahun ke tahun 9%.

Direktur promosi pariwisata internasional untuk Indonesia, Nia Niscaya, seperti dikutip dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada TTG Digital, mengatakan bahwa peningkatkan pengunjung dikaitkan dengan peningkatan jumlah penerbangan ke Indonesia, pemerintah baru dan booming bulan madu.

Niscaya juga menambahkan bahwa China adalah pasar yang tumbuh tercepat untuk pariwisata, menggantikan Jepang.

Pemerintah baru-baru ini telah mengumumkan keputusan untuk menerapkan kebijakan bebas visa untuk Cina, Rusia, Australia, Jepang dan Korea Selatan pada tahun 2015 (Baca: Indonesia Tawarkan Bebas Visa Kunjungan Singkat ke 5 Negara ).

Seperti dikutip di Official Situs Pariwisata Indonesia, Kepala Biro Kerjasama Internasional Kementerian Pariwisata, Noviendi Makalam, lima negara mendapatkan kebijakan terbaru gratis visa karena merupakan pasar utama bagi pariwisata Indonesia, memberikan kontribusi 54% dari total jumlah wisatawan internasional.

Untuk lebih meningkatkan pariwisata Indonesia, Kementerian Pariwisata juga berencana untuk menyederhanakan izin untuk yacht memasuki perairan Indonesia. Kementerian akan memperkenalkan Clearance Approval System secara online untuk mempermudah proses permohonan izin.

Niscaya berharap pemerintah baru dapat meningkatkan citra Indonesia dan memperbaiki infrastruktur.

"[Dengan pemerintah baru] akan ada perubahan dalam struktur organisasi. Menteri baru adalah energi kita, "tambahnya