Pusat Arsip Informasi KANTOR BERITA INDONESIA

Senin, 10 November 2014

Indonesia Ajak Rusia untuk Berinvestasi


KaBeIn, Presiden Indonesia Joko "Jokowi" Widodo menawarkan peluang investasi ke Rusia pada pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin di sela-sela Forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) Summit di Jakarta, Senin.

"Kami telah mengundang investor dari Rusia untuk berinvestasi di sektor energi, pembangkit listrik, kereta api, irigasi, makanan, dan manufaktur," kata Jokowi.

Dia menyatakan bahwa hubungan baik antara kedua negara yang telah dikembangkan sejauh ini harus lebih ditingkatkan di masa mendatang.

Indonesia dan Rusia telah menjadi mitra strategis sejak 21 April 2003, karena mereka menandatangani kesepakatan mengenai hal yang sama di Moskow.

Sejak itu, kedua negara telah mengembangkan kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, termasuk di bidang alat berat dan peralatan komunikasi berbasis satelit manufaktur. Mereka juga telah bekerja sama dalam pengembangan sistem keamanan, teknologi informasi, dan transportasi.

Selain itu, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih Putin telah mengirimkan wakilnya ke pelantikannya pada tanggal 20 Oktober, Presiden Putin mengucapkan selamat kepada mitranya dari Indonesia untuk pemilihannya sebagai presiden untuk lima tahun ke depan.

"Saya yakin bahwa hubungan antara kedua negara sebagai mitra strategis akan lebih ditingkatkan di masa mendatang," tegasnya.

Dia menambahkan bahwa kemitraan strategis Indonesia-Rusia telah meliput wilayah yang lebih luas dan diharapkan mereka bisa dikembangkan lebih lanjut dan ditingkatkan di masa mendatang."(antara)